Vaksin Covid-19 Didapati Pfizer, IHSG dan Rupiah Meroket

Penutupan Perdagangan Pekan Ini, Kekuatiran Tebukti, IHSG Ditutup Turun
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Ada kabar baik di pasar keuangan pada hari ini. IHSG dan Rupiah diyakini bisa melanjutkan tren penguatan yang tajam. Beberapa kabar yang menjadi fokus perhatian kita adalah adanya temuan vaksin dari Pfizer yang dinyatakan aman hingga mencapai 90% lebih. Kabar tersebut telah membuat sejumlah indeks bursa saham dunia mengalami penguatan yang sangat signifikan.

“Bursa di Eropa, dan Amerika ditutup naik tajam pada perdagangan sebelumnya. Sementara pada pagi ini kinerja bursa di Asia juga mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Banyak indkes bursa di Asia yang meroket di sesi pembukaan dengan membukukan kenaikan lebih dari 1%,” ujar Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/11/2020).

Dampak ditemukannya vaksin yang aman tersebut membuat pelaku pasar kembali optimis bahwa ekonomi dunia kedepan akan lebih baik lagi jika Covid-19 bisa dikenalikan nantinya. Temuan vaksin yang aman tersebut akan mengakhiri tren turun pasar keuangan pada saat ini.

“Hanya saja yang menjadi fokus perhatian pelaku pasar selanjutnya adalah bagaimana dengan distribusi vaksin itu sendiri. Karena temuan vaksin, dan produksi masal vaksin beserta distribusinya merupakan dua hal yang berbeda. Saat ini Covid-19 benar-benar bisa dijinakan. Tetapi tidak semua negara memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan vaksinnya,” jelasnya.

“Terkait sentiment tersebut, IHSG pada perdagangan pagi ini dibuka menguat 1.28% di level 5.424,73, dan Rupiah menguat di level 14.030. Rupiah nyaris menembus¬†¬†level 14.000 yang bisa saja dicapai Rupiah dalam waktu dekat,” imbuh Gunawan Benjamin. Berita Medan, red