Calon Bupati Surya – Taufik, Sampaikan Program Asahan Cerdas kepada Mahasiswa

Calon Bupati Surya - Taufik, Sampaikan Program Asahan Cerdas kepada Mahasiswa
Calon Bupati Asahan Surya - Taufik, Sampaikan Program Asahan Cerdas kepada Mahasiswa

MUDANEWS.COM, Medan – Pasangan Calon Bupati Asahan nomor urut dua, Surya – Taufik menyampaikan program Asahan cerdas kepada sejumlah mahasiswa asal Asahan yang kuliah di kota Medan.

Hal itu disampaikan oleh Surya kepada mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Persatuan Mahasiswa Pemuda (PMP) Asahan di Stadion Cafe, Sabtu (7/11/2020) malam.

“Asahan cerdas ialah keinginan agar anak Asahan bisa menuntut ilmu di dunia pendidikan dari S1 hingga S3. Setelah itu balik kampung untuk membangun daerah dan jangan menjadi anak muda yang cengeng sehingga dapat membantu pemerintah,” pungkasnya.

Lebih lanjut, beliau ingin memberikan apresiasi untuk anak Asahan yang berprestasi tetapi tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Oleh karena itu, selaku Plt Bupati Asahan ini sejak 2019 sudah mulai gencar untuk membuka keran beasiswa bagi bibit unggul dari Asahan.

“Tahun 2019 kita udah tanda tangani kerjasama dengan Universitas Sampoerna Foundation setaraf dengan Universitas Arizona di Amerika. Bukan berarti mengesampingkan perguruan tinggi di daerah tetapi ada peluang yang bisa kita lakukan dengan saling menguntungkan,” jelasnya.

Menurutnya, perekrutan anak SMA untuk ke universitas tersebut memang cukup ketat termasuk memiliki TOEFL. Ia beranggapan bahkan jikalau ada saja satu orang saja yang jebol maka sudah cukup memuaskan.

“Namun di luar dugaan ada 4 orang yang lolos, itu artinya anak Asahan prestasinya cukup bagus. Target mereka lulus pun 4 tahun selesai. Meskipun tidak dibantu dana APBD seratus persen. Tapi itulah upaya untuk mewujudkan masyarakat cerdas,” tandasnya.

Adapun dipenghujung acara, PMP Asahan menyatakan sikap dengan Nota kesepakatan untuk mendukungan pasangan Surya – Taufik memenangkan kontestasi pilkada Asahan 2020 ini.

“Kami berharap bapak menjadi pembina kami ke depan. Dan kami sebagai agend of change semoga dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk memajukan daerah kelak,” tutup ketua PMP Asahan, Mohammad Heri Kusmayedi. Berita Medan, red