BKPRMI Batu Bara Gelar LMD 1, Dirwil LPPSDM : LMD Batu Bara Sesuai Prosedur

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batu Bara Gelar Latihan Musjahid Dakwah (LMD 1), Sabtu (07/11/2020) di Aula Kantor Camat Air Putih.

LMD 1 yang dibuka langsung oleh Sekretaris Umum DPW BKPRMI Sumut Amri Fahrizal ST sekaligus membuka kegiatan Musda Istimewa DPD BKPRMI Kabupaten Batu Bara.

Sekretaris Umum DPW BKPRMI Sumut Amri Fahrizal ST menerangkan bahwa LMD adalah agenda wajib setiap DPD untuk dilaksanakan. “Karena memang ini adalah ajang pengkaderan,” terangnya.

Lanjut yang akrab disapa Amcay ini mengatakan organisasi itu tidak akan hidup, langgeng sesuai dengan visi dan misinya apabila tidak berjalannya pengkaderan.

“Makanya saya bersama Ketua Umum DPW BKPRMI Sumut menerbitkan Surat Pelaksana Tugas (Plt) DPD BKPRMI Kabupaten Batu Bara memberikan tugas kepada Ketua Plt agar melaksanakan 2 agenda Wajib pertama Pengkaderan (LMD). Wajib ada kader gak boleh gak ada kader, karena yang memilih kepemimpinan itu harus kader kalau bukan kader bahaya,” jelasnya.

“Kedua, agendanya Musyawarah Daerah (Musda), sebab ketua Ahmad Setia Bakti sudah mengundurkan diri, makanya wajib dibuat Musyawarah untuk memilih kepemimpinan yang sangat mendidik,” tegas Sekum DPW BKPRMI Sumut.

Selain itu, Direktur Wilayah LPPSDM Sumut Akhina Kurnia menjelaskan bahwa LMD yang dilaksanakan oleh DPD BKPRMI Batu Bara telah sesuai dengan prosedur.

“Dikarenakan LMD ini ditanggung jawabi langsung oleh DPW BKPRMI Sumatera Utara, dengan terbitnya surat Plt yang hanya mengamanahkan dua kegiatan yang diemban oleh pelaksana tugas DPD BKPRMI Batu Bara yang pertama LMD dan yang kedua pelaksanaan Musda,” ujar Dirwil LPPSDM.

Lanjutnya, pelaksanaan Musda itu tidak akan berjalan baik jika para kandidat yang akan maju bertarung itu tidak memiliki sertifikasi kelulusan LMD 1. Maka sebelum dilaksanakan Musda tersebut harus dilaksanakan LMD terlebih dahulu.

Direktur Wilayah LPPSDM ini juga menjelaskan bahwa Plt dalam SK yang bisa kita pahami itu seperti halnya charateker, karena kalau Plt yang sesungguhnya itu maka harus menyelesaikan periodesasi masa jabatan ketua umum yang sebelumnya.

Akan tetapi kalau kita melihat DIKTUM yang ada dalam surat Plt yang dikeluarkan oleh DPW BKPRMI Sumut adalah untuk pelaksanaan LMD 1 dan menyegerakan agenda Musda.

“Maka, Dirwil LPPSDM sudah tepat dilaksanakan LMD satu terlebih dahulu baru kemudian akan dilanjutkan dengan Musda,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Direktur Wilayah LPPSDM Akhina Kurnia, kalau kita memahi dengan terbitnya SK Plt dengan berbentuk surat tugas kepada ketua Plt yang mengagendakan dua hal itu.

“Maka secara otomatis SK yang lama sudah tidak berlaku, dikarenakan dengan adanya dua perintah yang harus dan wajib disegerakan seperti LMD dan Musda ini, mengindikasikan atau mengisyaratkan terjadinya pembekuan SK yang lama,” ungkapnya.

Tambahnya lagi, pelaksanaan LMD ini ketika kepengurusan atau lembaga yang bersangkutan dianggap tidak aktif atau dianggap sudah tidak lagi di aktifkan karena suatu alasan, misalnya kalau sudah di charateker kepengurusan.

“Maka dari itu, pelaksanaan kegiatan LMD ini ketua Plt berhak membentuk panitia sebagai memfasilitasi kegiatan ini dan penanggung jawabnya tetap adalah DPW, maka ini semacam perintah tertulis melalui SK Plt yang di terima,” pungkas Dirwil LPPSDM BKPRMI Sumut.

Plt Ketua Umum DPD BKPRMI Batu Bara Zulfikri Humaidi menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal pengembangan SDM kader di semua tingkatan, baik di DPD maupun DPK untuk mengasah kapasitas kepemimpinan para pejuang masjid dalam mencerdaskan ummat.

“Kita berharap semoga kegiatan ini menjadi awal kegiatan pengembangan dakwah dan SDM kader BKPRMI yang kedepannya menjadi pelanjut misi pengembangan ummat dan bangsa kedepan,” harapnya.

Diungkapkannya, Latihan Mujahid Dakwah bertema “LMD sebagai sarana meningkatkan kompetensi pengurus BKPRMI untuk mewujudkan SDM di Provinsi SU khususnya Batu Bara, menjadi lebih maju, inovatif, kreatif, produktif dan agamis”.

Tambahnya, program ini sebagai proses kaderisasi BKPRMI untuk menduduki posisi jabatan struktural. Kita khususnya saya pribadi harus memahami visi dan misi BKPRMI, sehingga nantinya tergambar bagaimana cara menyampaikan dakwah itu seperti apa.

“Tidak kalah pentingnya, dengan adanya latihan ini seluruh kader BKPRMI diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi pemerintah demi menyiapkan generasi muda dan remaja yang berintegritas dan berahlak baik,” pungkasnya. Berita Batu Bara, Fahmi