Presiden Bilang Ekonomi Kuartal 3 Minus 3%, Rupiah dan IHSG Tak Peduli Tetap Naik

Penutupan Perdagangan Pekan Ini, Kekuatiran Tebukti, IHSG Ditutup Turun
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja pasar keuangan pada perdagangan pagi ini membaik. IHSG dan Rupiah sama-sama diperdagangkan di zona hijau pada hari ini.

“IHSG dibuka menguat di level 5.133,98 dan sejauh ini masih mampu bertahan di teritori positif. Untuk mata uang Rupiah kinerjanya bahkan mampu menguat di bawah level 14.600. Rupiah diperdagangkan menguat dikisaran 14.597 per US dolar sejauh ini,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (3/11/2020).

Kinerja pasar keuangan tidak terpengaruh oleh pernyataan Presiden yang memperkirakan bahwa ekonomi nasional akan tumbuh negative 3% di kuartal ketiga tahun 2020.

“Pernyataan Presiden Jokowi tersebut menegaskan bahwa di kuartal ketiga kemarin kita jelas masuk dalam jurang resesi. Dan jurang tersebut sepertinya masih harus kita lalui di kuartal keempat ini,” jelasnya.

Benjamin mengungkapkan, akan ada banyak data yang dirilis di pekan ini. Beberapa data diantaranya adalah mengenai pertumbuhan ekonomi yang akan dirilis pada hari kamis mendatang.

“Seperti yang diutarakan Presiden, dan banyak ekonom, pertumbuhan ekonomi nasional memang masih akan minus. Meski demikian pasar sudahmengantisipasi jauh hari data pertumbuhan ekonomi yang jelek tersebut,” jelas Gunawan. Berita Medan, red