Rupiah dan IHSG Kompak Melemah, Presiden Berikan Sinyal Resesi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sepanjang sesi perdagangan hari ini. IHSG seharian berada di zona merah. Kinerja IHSG terpukul seiring dengan memburuknya kinerja sejumlah indeks bursa global.

“IHSG sendiri pada perdagangan hari ini ditutup melemah 0.26% di level 5.115,13. Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah ditutup melemah di level 14.640 per US Dolar,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (2/11/2020).

Kinerja indeks bursa di AS yang tercermin dari Dow Futures, menunjukan kinerja positif di sesi perdagangan hari ini. Meskipun belum sepenuhnya bisa dipastikan akan menjadi jaminan bahwa bursa di AS akan ditutup hijau nantinya.

“Sementara itu, sejumlah sentimen negatif kembali mencuat seiring dengan pernyataan Presiden Jokowi yang memperkirakan ekonomi Indonesia akan merealisasikan kinerja minus 3% di kuartal ketiga tahun ini,” jelas Benjamin.

Pernyataan tersebut sekaligus memastikan bahwa Indonesia akan masuk dalam jurang resesi. Dengan realisasi pertumbuhan ekonomi yang lagi-lagi lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya.

“Pelaku pasar harus mengkuatirkan kemungkinan buruk dari sejumlah sentimen yang berkembang belakangan. Pekan ini menjadi pekan yang tidak menenangkan pelaku pasar. Kita perlu untuk mempertimbangkan agar berhati-hati ditengah sejumlah rencana kabar buruk yang akan diumumkan dalam waktu dekat,” ujar Benjamin. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini