Sempat Melemah, Rupiah Mampu Ditutup Stabil, IHSG Menguat

Stimulus AS Masih Khayalan, Rupiah dan IHSG Turun
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Tidak banyak mengalami perubahan, kinerja IHSG selama sesi perdagangan tetap bertahan di zona hijau dan tidak mengalami perubahan angka yang besar.

“Dari awal hingga penutupan, IHSG tetap kokoh di zona hijau dan cenderung bergerak landai. IHSG pada akhir pekan ini ditutup naik 0.4% di level 5.112,19. Kinerja IHSG mengalami penguatan seiring membaiknya kinerja bursa global,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (23/10/2020).

Sementara itu, lanjut Benjamin, dari sejumlah sentimen yang berkembang. Debat terakhir Presiden AS akan menjadi momen penting bagi pasar keuangan. Dimana pasar akan melihat siapa yang akan lebih baik dan berpeluang memenangkan PILPRES AS di awal bulan depan nantinya.

Disisi lainnya, Mata uang Rupiah ditutup stabil tanpa mengalami perubahan dibandingkan dengan penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

“Rupiah ditutup tidak berubah di level 14.660 di akhir pekan ini. Setelah sempat melemah selama sesi perdagangan, Rupiah mampu mengurangi kerugiannya dengan berbalik arah,” jelas dia.

Di pekan depan, volatilitas pasar keuangan berpeluang bergerak liar seiring dengan libur panjang akhir pekan yang cukup lama.

“Akan ada banyak sentiment yang terlewatkan disitu. Dan tentunya pasar akan lebih mengambil posisi aman. Terlebih Pilpres AS juga semakin dekat. Dimana gejolak pasar keuangan bisa saja semakin tidak terkendali,” bebernya.

Sentimen pasar keuangan di dua pekan kedepan akan banyak diwarnai oleh sentiment eksternal yang akan membuat pasar keuangan sulit untuk diproyeksikan.

“Pelaku pasar akan lebih menggunakan model transaksi jangka pendek untuk meminimalisir ketidakpastian yang bisa saja berdampak buruk,” tutup Gunawan. Berita Medan, red