Stimulus AS Masih Khayalan, Rupiah dan IHSG Turun

Stimulus AS Masih Khayalan, Rupiah dan IHSG Turun
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Secara teknikal, karena IHSG ditutup menjauh dari level psikologis sebelumnya. Maka IHSG memang secara teknikal berpeluang bergerak di zona merah. Ditambah dengan sentimen memburuknya pasar keuangan global. IHSG pada perdagangan hari ini dibuka melemah di level 5.084,79 dan sejauh ini terus mencoba turunĀ  dikisaran level support 5.070.

“Tekanan yang sama juga dirasakan oleh mata uang rupiah. Dimana mata uang rupiah mengalami pelemahan di kisaran level 14.642 per US Dolar sejauh ini. Meskipun Rupiah di sesi pembukaan sempat menguat tajam di level 14.617 per US Dolar,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/10/2020).

Sentimen buruk yang berkembang saat ini adalah pelaku pasar kembali mendapatkan kabar bahwa kemungkinan stimulus AS akan belum disetujui dalam waktu dekat ini. Dimana ada perbedaan antara Gedung Putih dan Kongres Partai Demokrat.

“Lagi-lagi pasar kembali terombang-ambing setelah sejumlah sentimen buruk beredar di pasar keuangan. Kondisi ini membuat pelaku pasar semakin pesimis terkait perkembangan stimulus AS. Dan hal tersebut membuat Rupiah dan IHSG melemah pada perdagangan hari ini,” ujar Gunawan. Berita Medan, red