IHSG Ditutup Melemah, Rupiah Menguat di Bawah Level 14.700

IHSG Ditutup Melemah, Rupiah Menguat di Bawah Level 14.700
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, IHSG ditutup melemah tajam pada perdagangan hari ini. Setelah sebelumnya menguat secara beruntun dalam sepekan. IHSG akhirnya kembali terkoreksi seiring dengan tren kenaikan sebelumnya yang memang mengundang minat investor untuk melakukan aksi ambil untung. Tekanan IHSG meningkat secara konsisten sejak perdagangan dibuka.

“IHSG ditutup melemah 1.37% di level 5.105,15. IHSG sempat menyentuh sejenak di level 5.182,53 sebelum akhirnya terkoreksi selama sesi perdagangan berlangsung. Tekanan pada IHSG semakin menjadi jadi seiring dengan pelemahan bursa di Eropa yang terpuruk. Bahkan ada yang mencatatkan penurunan hingga mencapai 2%,” imbuh Gunawan, Kamis (15/10/2020).

Benjamin juga mengatakan, kondisi pasar saham dunia tengah mengalami tekanan hebat. Seiring dengan masih banyaknya kabar buruk dari pasar saham di AS. Mulai dari masalah stimulus yang sepertinya belum akan keluar dalam waktu dekat ini. Hingga masalah buruknya penyelesaian BREXIT di Eropa.

“Sementara itu, mata uang Rupiah justru mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini. Rupiah mampu ditutup di bawah level psikologis 14.700, atau tepatnya di level 14.690 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah membaik mengiringi data surplus neraca perdagangan dibulan September,” imbuhnya. Berita Medan, red