Lubuk Larangan Sergai Berhasil di Panen dengan Cara di Pancing

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Sergai – Pertama sekali di Sergai Lubuk Larangan yang dikelola Kelompok Sumber Rezeki berhasil dipanen dengan cara dipancing. Lubuk larangan ini berada di Sungai Nipah yang berfungsi sebagai irigasi akhirnya berhasil melakukan pembesaran ikan mas, nila dan ikan liar lainnya tepat di Desa Sei Sijenggi, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Sergai, Sumatera Utara, Minggu (11/10/2020).

Menurut pak Marwan, selaku Ketua Kelompok Sumber Rezeki menyebutkan, bahwa sekitar 4 (empat) bulan lalu, kami dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai  yang dihadiri Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama-sama menabur benih ikan mas di lokasi Sungai Nipah ini dengan pola lubuk larangan untuk menjaga ekosistem sungai sehingga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, hari ini kami bisa memanen benih ikan yang ditabur di sungai nipah ini yang juga hadir Calon Bupati Petahana No 2 Ir H Soekirman untuk sama-sama melihat hasil benih yang ditabur 4 (empat) bulan lalu,” imbuh pemilik Rumah Makan Singgalang ini.

Sambungnya lagi, selama proses pemanenan hasilnya sekitar 86 kg berhasil diangkat dengan pancing dari sebanyak 60 pemancing lokal yang ikut meramaikan panen ikan di lubuk larangan sungai nipah.

Lubuk Larangan Sergai Berhasil di Panen Dengan Cara di Pancing
Lubuk Larangan Sergai Berhasil di Panen Dengan Cara di Pancing

“Setelah berhasil panen perdana ini selanjutnya kembali akan ditabur benih ikan mas ditempat sama dengan jumlah yang lebih banyak, sehingga 4 (empat) bulan lagi dapat dipanen kembali,” terangnya.

Terpisah salah seorang petugas Diskanla Sergai Feri mengungkapkan pelihara ikan dengan sistem lubuk larangan akan sangat menguntungkan. Selain air yang mengalir sehingga membuat ikan cepat besar dan jumlah pakannya juga bisa ditekan karena adanya pakan alami dari plankton yang ada di sungai nipah,” pungkasnya.

Disela-sela panen ikan di lubuk larangan, Calon Bupati Petahana Ir H Soekirman menyampaikan kebanggaannya atas jerih payah kelompok Sumber Rezeki yang berhasil mengelola lubuk larangan Sungai Nipah ini terhadap benih ikan yang ditabur dengan hasil yang baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sekitar.

“Benih yang baik yang ditanam di Sei Nipah telah menghasilkan panen yang baik pula,” ungkap Soekirman.

Pada kesempatan ini Soekirman, Calon Bupati Nomor 2 ini mengingatkan kepada masyarakat dalam menghadapi Pilkada 9 Desember 2020 Nomor 1. Mari kita jaga kesehatan dari Covid-19, dan Nomor 2. Mari kita lanjutkan pembangunan di Sergai.

“Alhamdulillah, kami dapat nomor urut 2 ini diartikan Rezeki. Dengan harapan masyarakat Sergai ingat Rezeki ada di nomor  dua. Semoga dimasa depan kolam Sei Nipah akan jadi obyek wisata desa di Kabupaten Serdang Bedagai,” harapnya. Berita Serdang Bedagai, Dodi Kurniawan

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini