IHSG Terombang Ambing, Rupiah Menguat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Perilaku Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG masih seperti hari-hari sebelumnya. Dibuka menguat, namun selanjutnya mengalami tekanan. Pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, IHSG sempat menguat di level 4.896,43. Meskipun sempat juga bolak balik di area angka 4.870-an. Kinerja IHSG seakan masih bimbang untuk menentukan pergerakannya.

“Dengan situasi dimana bursa global saat ini bergerak stabil dengan kecenderungan turun. IHSG pun sepertinya masih sulit untuk menentukan arah pergerakan selama belum ada sentimen yang benar-benar kuat mempengaruhi pasar keuangan. Fokus pelaku pasar tengah tertuju kepada debat Capres di AS,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/9/2020).

Pasar tengah melakukan kalkulasi terkait siapa yang akan menang nantinya, dan bagaimana wajah ekonomi dunia jika dipimpin dengan kandidiat yang mungkin menang tersebut. Mengingat sampai saat ini pun AS masih menjadi lokomotif ekonomi dunia disusul oleh China.

“Disisi lain, mata uang Rupiah mengalami penguatan di level 14.860 per US Dolar di sesi perdagangan pagi ini. Rupiah terlihat lebih memiliki arah pergerakan yang lebih jelas, memanfaatkan momentum kebijakan stimulus AS, yang nantinya akan membuat US Dolar akan banyak beredar dan berpeluang menekan kinerja mata uang US Dolar itu sendiri,” ujarnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini