Panwascam Medan Timur Lakukan Pengawasan Partisipatif Untuk Sukseskan Pilkada Kota Medan 2020

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengawasan partisipatif yang dilakukan masyarakat untuk mensukseskan Pilkada kota Medan tahun 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (17/09/2020) di Hotel Cordela Medan dengan tema “Kontribusi Tokoh Masyarakat dan Generasi Millenial dalam upaya meningkatkan pengawasan Partisipatif di masa Pandemi Covid-19 pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu Kota Medan Raden Deni Admiral. Selain melakukan sosialisasi terhadap masyarakat Panwascam Medan Timur juga melakukan deklarasi pilkada damai dan mematuhi protokoler kesehatan pada Pilkada tahun 2020 ini.

Ketua Panwascam Medan Timur Taufiq Hidayah Tanjung mengatakan kegiatan ini terlaksana atas masukan dan arahan dari pimpinan kita di Kota Medan. Tujuan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat turut aktif dalam mensukseskan Pilkada kota Medan.

“Kegiatan ini kami lakukan atas saran dan masukan dari pimpinan Bawaslu Kota Medan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat turut aktif dalam setiap proses tahapan pilkada, kami sebagai panwascam sangat menyadari keterbatasan kami dalam jumlah personil yang ada sehingga sangat diperlukan partisipasi masyarakat untuk melakukan pencegahan hal-hal yang dilarang dalam pilkada,“ ujarnya.

Taufiq juga mengatakan selama ini masyarakat hanya merasa Pilkada adalah proses pemberian suara kepada calon di bilik suara tanpa tau proses perjalanannya. “Maka disini kami mengajak masyarakat untuk turut serta perduli dan sama-sama bertanggung jawab mensukseskan Pilkada kota Medan,” ungkapnya.

Anggota Bawaslu Kota Medan Raden Deni Admiral yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwasannya masyarakat memiliki peran sentral dalam pilkada raden juga mengajak masyarakat untuk perduli terhadap hak pilihnya.

“Masyarakat memiliki peran sentral untuk mensukseskan Pilkada, semakin tinggi kesadaran masyarakat maka semakin sukses jalannya pilkada nanti. Dalam kesempatan ini saya juga mengajak bapak/ibu untuk perduli dengan hak pilihnya pastikan keluarga dekat tetangga kanan kiri sudah terdaftar sebagai pemilih kalau belum silahkan datangi PPS atau Kantor panwascam dengan membawa fotocopy KK,” teranganya.

Siska Wati, salah satu undangan mengatakan sosialisasi cukup bagus untuk menambah wawasan kepada kami, yang sebelumnya kami tidak tau apa apa saja yang dilarang setelah ini kami jadi tau dan akan kami sampaikan ke masyarakat lainnya informasi ini agar mereka tidak menjadi korban dari ketidaktauan mereka.

Sosialisasi ini dihadiri beberapa unsur masyarakat dari tokoh agama, tokoh pemuda, ibu perwiridan dan kaum milenial dan menghadirkan dua narasumber yaitu Isnen Harahap Direktur Pusat konsultasi Hukum dan Politik (Puskompolit) Sumatera Utara dan Komisioner PPK Medan Timur Randy Manday. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini