Pilkada Labuhanbatu, Pasangan Asri Protes Soal Dukungan Ganda yang Dikeluarkan PAN

Pilkada Labuhanbatu, Pasangan Asri Protes Soal Dukungan Ganda yang Dikeluarkan PAN
Andi Suhaimi saat memperlihatkan dukungan yang diterbitkan dari PAN

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar (ASRI) protes dan menyoal terkait dukungan ganda yang di keluarkan Partai Amanat Nasional sebagai parpol pengusung dua bapaslon di Pilkada Labuhanbatu 2020.

Hal itu terungkap saat Bapaslon petahana itu mendaftarkan diri ke KPU Labuhanbatu, Sabtu (5/9) sekira jam 14.30 Wib.
Meski demikian, Bapaslon ASRI tetap memasukkan dokumen atau surat keputusan dari DPP PAN yang dituangkan dalam formulir B1.KWK Partai Amanat Nasional yang ditandatangani ketua umum PAN Zulkifli Hasan.

ASRI mendaftar dengan diusung partai Golkar dengan total 10 kursi legislatif. Kehadiran Bapaslon ASRI di sana, turut didampingi sesepuh Partai Golkar Parinsal Siregar, Sekretaris Golkar Maslin dan Meika Riyanti Siregar.

Namun, KPU Labuhanbatu bersikukuh terkait dukungan hanya yang dihadiri Ketua dan Sekretaris parpol pengusung.

Baca juga:
“Tata cara pendaftaran KPU Kabupaten/Kota menerima pendaftaran bakal Pasangan calon dengan langkah-langkah, memastikan bahwa bakal Pasangan calon pimpinan partai politik atau gabungan partai politik yang mengusulkan hadir pada saat melakukan pendaftaran,” bebernya.

Tapi, pihak ASRI tetap meminta penjelasan tentang tidak memasukkan surat dukungan parpol PAN kedalam berkas pendaftaran mereka dengan menuangkan ke dalam berita acara penerimaan pendaftaran bapaslon.

KPU Labuhanbatu akhirnya menerima usulan bapaslon ASRI dengan menyebutkan pemeriksaan dokumen persyaratan pencalonan dari Partai Amanat Nasional tidak dihadiri pimpinan partai politik tingkat kabupaten.

Kemudian, KPU melakukan penelitian kelengkapan dokumen persyaratan calon dan syarat pencalonan dan menilai memenuhi syarat pendaftaran dan pendaftaran bapaslon ASRI diterima.

Sepanjang jalan MH Thamrin menuju jalan WR Supratman, Rantauprapat menguning. Simpatisan dan pendukung baspaslon bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar (ASRI) turut mengantar pendaftaran calon Partai Golkar tersebut mendaftarkan diri.

Seperti diketahui, Partai PAN juga mendukung bapaslon Abdul Roni Harahap berpasangan dengan Ahmad Jais Rambe yang mendaftar ke KPU Labuhanbatu sehari sebelumnya. Berita Labuhanbatu, Dian