Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Salurkan Bantuan Benih Padi Kepada KOPTAN

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhan Batu – Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu salurkan bantuan benih padi kepada Kelompok Tani yang berada di Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 29.000 Kg, Kamis (9/7/2020).

Kadis Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Agus Salim Ritonga SP, melalui Kepala Bidang Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Amirsya Saragih SP menjelaskan program bantuan benih padi APBN ini adalah untuk mendukung program percepatan tanam Asep (April September) 2020. “Apabila curah hujan mendukung pada bulan September, maka bantuan benih padi ini harus sudah ditanam,” ucapnya.

“Syarat benih padi untuk peningkatan hasil ada yang berlabel biru sebagai mana benih bantuan dari APBN TA 2020 ini, apabila produksi meningkat maka pendapatan petani akan bertambah, dengan bertambahnya pendapatan petani maka petani akan Makmur dan Sejahtera,” tegas Amir.

Bantuan yang disalurkan kepada kelompok tani sebanyak 29.000 Kg yaitu Desa Sitarolat, Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir, Panai Tengah Bagan Bilah, Sei Plancang, Sei Rakyat, Nahodaris dan Desa Telaga Suka.

Bantuan benih padi ini sebelumnya sudah disalurkan kepada kelompok tani lainnya.

Tahap pertama, pada penyerahan benih padi oleh dinas pertanian kabupaten labuhanbatu dimulai pada Seni (22/6/2020) sebanyak 36.000 Kg yang diserahkan kepada kelompok tani se-kecamatan Panai hilir terdiri dari Sei Pegantungan, Sei Baru, Wonosari dan Sei Tawar.

Tahap kedua, penyerahan benih bibit padi oleh dinas pertanian bersama staf Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara pada hari Senin (29/6/2020) sebanyak 60.000 Kg yang diserahkan kepada kelompok tani se-kecamatan Panai Hulu terdiri dari Desa Sijawi-jawi, Teluk Sentosa, Cinta Makmur, Meranti Paham dan Tanjung Sarang Elang.

Kecamatan Bilah Hilir terdiri dari desa selat besar dan desa Tanjung Haloban, Kecamatan Panai Tengah terdiri dari Desa Sri Basti dan Selat Beting.

Sambungnya, bibit padi yang diserahkan ini adalah Varitas Ciherang dalam rangka Program Percepatan Tanam April September, dalam rencana tanam Agustus Nopember 2020.

Jumlah keseluruhan bantuan benih padi yang sudah di sampaikan kepada Koptan ini total 125.000 Kg.

Sesuai hasil investigasi wartawan media online MudaNews.Com di lapangan pada saat kegiatan penyerahan bantuan benih padi, para KOPTAN mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kementrian Pertanian dan kepada dinas pertanian kabupaten labuhanbatu, yang mana masih peduli kepada nasib petani agar dapat meningkatkan hasil panen nantinya dan secara otomatis ekonomi masyarakat khususnya kelompok tani. Berita Labuhan Batu Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini