Dampak Corona, KBTKIASU Minta Gubsu Segera Memulangkan TKI Asal Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Ustaz Martono selaku Ketua Keluarga Besar Tenaga Kerja Indonesia Asal Sumatera Utara (KBTKIASU) didampingi Wakill Ketua KBTKIASU Dedi Mauritz Simanjuntak, Sekretaris KBTKIASU Uba Pasaribu Pemerhati Kebijakan Publik Maharani, Korlap TKI Fitria dan Hasudungan Siahaan, pemerhati sosial.

Mereka datang bersama puluhan keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Sumut yang saat ini terlantar di Malaysia akibat terdampak Covid 19 mendatangi Kantor Gubsu guna menemui Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi terkait untuk meminta disegerakannya pemulangan para TKI asal Sumut yang saat ini terlantar akibat dampak Virus Corona (Covid 19).

Sebelum memasuki Kantor Gubsu sempat terjadi perdebatan yang cukup alot antara perwakilan massa keluarga TKI dengan Kasatpol PP Kantor Gubsu terkait aksi mereka karena belum mendapatkan izin keramaian dari pihak kepolisian tetapi bergat kepiawaian Ustaz Martono selaku Ketua KBTKIASU untuk melakukan negoisasi sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi dan dapat diselesaikan dengan baik.

Dampak Corona, KBTKIASU Minta Gubsu Segera Memulangkan TKI Asal Sumut
Perdebatan dengan Satpol PP di Kantor Gubsu

Selanjutnya petugas kantor Gubsu tetap melakukan SOP protokol kesehatan dengan menchecking suhu tubuh, mencuci tangan dan menggunakan masker.

Sesampainya di Aula Ruang Rapat Tengku Rizal Nurdin, rombongan langsung disambut hangat oleh Kabag Humas Pemprovsu Salman dan beberapa staff beliau.

“Agar Gubsu Edy Rahmayadi dapat dengan segera memulangkan TKI di Malaysia akibat pandemi Covid 19 ke daerah asal di Sumut,” kata Ustaz Martono dalam pertemuan tersebut, Kamis (2/7/2020).

Hal ini diawali dari kegelisahan para TKI karena dirumahkan dan tidak boleh bekerja, sehingga kehidupan para TKI tersebut terlunta-lunta dan ingin kembali pulang ke tanah air, mendengar derita para TKI tersebut Ustadz Martono menginisiasi untuk menemui Gubsu Edy Rahmayadi selaku pimpinan tertinggi di Sumut guna membahas penyelesaian permasalahan tersebut karena data data tentang nama-nama dan jumlah TKI yang terlantar di Malaysia tersebut sudah diserahkan kepada Gubsu melalui Rudi Hermanto anggota DPRD Sumut.

Dalam pertemuan tersebut Kabag Humas Gubsu Salman berjanji akan menyampaikan kepada Gubsu Edy Rahmayadi bahwa dirinya akan membantu warga sumut yang bekerja di malaysia, apabila ingin kembali ke Sumut akibat terdampak pandemi Covid-19.

Dampak Corona, KBTKIASU Minta Gubsu Segera Memulangkan TKI Asal Sumut
Keluarga TKI membawa spanduk

“Dalam hal ini saya siap menyampaikan kepada Gubsu bahwa TKI asal Sumut yang terkena dampak Corona di Malaysia agar segera diproses pemulangannya apabila hendak kembali ke Sumut dan bekerja sama dengan Disnaker Sumut untuk mempercepat penyelesaian permasalahan tersebut,” ungkap Salman dalam pertemuan tersebut pihak Disnaker Sumut sendiri menyatakan siap bekerjasama dengan KBTKIASU dalam menyampaikan keluhan para TKI yang ingin kembali ke Sumut.

“Laporan Bapak-bapak sekalian akan kita sampaikan ke Bapak Gubsu Edy Rahmayadi, silahkan sampaikan alamat TKI kita di Malaysia serta alamat keluarga TKI itu di Sumut supaya nantinya pemulangannya tidak menyasar ke daerah lain,” papar perwakilan Disnaker Sumut yang hadir pada kesempatan pertemuan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesiapan Bapak dalam membantu menyampaikan aspirasi kami dan kami siap menyampaikan laporan TKI yang ingin kembali ke Sumut,” ungkap Ketua KBTKIASU Ustaz Martono.

Di akhir pertemuan yang penuh dengan keakraban dan kekeluargaan tersebut di tutup dengan sesi foto bersama antara pihak KBTKIASU dengan pihak Humas Gubsu dan Disnaker Sumut serta saling memberi nomor handphone masing-masing. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini