Rupiah Menguat, IHSG Terpuruk

Rupiah Menguat, IHSG Terpuruk
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG kembali berlanjut melemah. IHSG dibuka turun 0.5% di level 4.895,72. Sementara itu mata uang Rupiah bergerak menguat di kisaran level 13.920 per US dolar. Kinerja mata uang Rupiah terpantau membaik, setelah bank Sentral AS justru memberikan gambaran akrifitas ekonmi AS yang lesu, dan menanti hingga data ketenaga kerjaan benar-benar membaik.

“Kinerja mata uang rupiah berbeda, karena Rupiah lebih diuntungkan dengan belum membaiknya kondisi ekonomi AS. Kondisi perekonomian AS yang cenderung memburuk membebani kinerja mata uang US dolar. Di sisi lain, Rupiah lebih menjanjikan keuntungan karena memiliki perbedaan suku bunga yang besar,” jelasnya Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Kamis (11/6/2020).

Tren pelemahan IHSG juga dipicu oleh aksi profit taking. Seperti yang kerap kita kemukakan di awal. Bahwa membaiknya kinerja IHSG ini belum didukung sepenuhnya dengan fundamental ekonomi yang kuat. Sehingga koreksi yang terjadi pada IHSG ini bisa terjadi. Pada pagi ini saja, IHSG sempat terpuruk hingga 2%.

“Kondisi pelemahan IHSG ini juga dipicu oleh aksi jual investor asing. Tekanan pada IHSG belum menunjukan adanya potensi untuk mereda. Seiring dengan pelemahan kinerja indeks bursa di Asia,” jelasnya. Berita Medan, Fahmi