Penutupan Perdagangan, IHSG Lanjut Menguat

Pertumbuhan Ekonomi Diperkirakan Minus, Memperburuk Aksi Profit Taking
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada penutupan perdagangan hari ini ditutup di zona hijau. IHSG menguat 2.45% di level 5.069,42. Kinerja IHSG menguat mengikuti pola pergerakan indeks saham diluar yang juga ditutup hijau setelah sejumlah bursa diluar juga ditutup menguat.

“Pelaku pasar tengah menanti data-data ekonomi selanjutnya yang akan menjadi indikator pergerakan pasar ke depan,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Senin (8/6/2020).

Sementara itu, mata uang Rupiah diperdagangan sore ini bergerak stabil dengan barada di kisaran 13.885 per US Dolar. Rupiah sempat melemah di perdagangan pagi, namun tren pelemahan tidak berlanjut dan membuat rupiah relatif stabil meskipun dengan kecenderungan melemah.

“Awal pekan ini menjadi awal pekan yang baik setelah banyak negara memberhentikan lockdown. Dan kebijakan tersebut memberikan ekspektasi positif terkait dengan kemungkinan membaiknya ekonomi global dalam waktu dekat nanti. Hal inilah yang menjadi alasan penguatan kinerja indeks saham dalam beberapa pekan terakhir,” jelasnya.

Ke depan waspadai aksi profit taking yang bisa saja melanda pasar seham. Sejauh ini memang kondisinya sangat didukung oleh data-data ekonomi yang membaik selama lockdown ini dicabut.

“Akan tetapi yang menjadi fokus kedepan adalah perkembangan sejumlah faktor non ekonomi yang masih saja memburuk. Meskipun sejauh ini tidak begitu berpengaruh, namun pelaku pasar bisa kapan saja merealisasikan keuntungannya setelah menikmati penguatan tajam pasar saham,” ujar Benjamin. Berita Medan, Fahmi