Obat Covid-19 Sudah Ditemukan dan Vaksinnya Segera Beredar

Obat Covid-19 Sudah Ditemukan dan Vaksinnya Segera Beredar
Keynote Speaker Seminar Nasional

MUDANEWS.COM, Medan – Remdesivir yang semula dipakai untuk pengobatan Wabah Ebola ternyata sangat efektik dipakai untuk pengobatan akibat Corona virus baru (SARS COV2) yang dikenal dengan Covid-19.

Hal itu diungkapkan Profesor Dr Taruna Ikrar M.Pharmacology PhD dari American College Clinical Pharmacology peneliti obat Covid-19 di Amerika Serikat pada Seminar Internasional sehubungan Halal bi halal Majelis Wilayah KAHMI (Korps Alumni HMI) Sumatera Utara yang dilaksanakan secara Webinar pada Jum’at (5/6/2020) malam.

“Setelah melalui berbagai tahapan uji coba di multisenter. Maka FDA di Amerika Serikat merekomendasi Remdesivir sebagai Drug of Choice (plihan utama) untuk Covid-19 dengan gejala yang berat,” sambungnya.

Profesor Taruna mengungkapkan, obat tersebut akan segera beredar di Indonesia yang lisensinya dipegang oleh Kimia Farma sehingga obat tersebut harganya akan relatif lebih murah di pasaran di Indonesia.

Bersamaan dengan itu penemuan vaksin terus dilakukan. “Sekarang ada tujuh vaksin yang sedang melewati uji akhir sehingga diharapkan pada bulan September 2020 sudah dapat dipakai untuk vaksin pencegahan Covid-19,” bebernya.

Vaksin tersebut, jelas Trauna, tetap bisa dipakai di Indonesia walaupun sekarang terjadi strain baru akibat mutasi virus tersebut tapi akan tetap efektif karena urutan RNA nya tetap sama walau ada beberapa variasi akibat mutasi.

“Sehingga kita memasuki New Normal lebih optimis, tetap dengan protokol kesehatan dalam mengembangkan ekonomi yang terdampak Covid-19, dengan adanya pencegahan vaksin dan obat tersedia bila terjadi kasus yang berat dapat diberikan Remdesivir,” katanya.

Obat Covid-19 Sudah Ditemukan dan Vaksinnya Segera Beredar
Akbar Tanjung

Seminar yang pembicaranya semua adalah tokoh KAHMI dari 3 benua dibuka oleh Keynote Speaker Dr Ir Akbar Tanjung (Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI) mantan menteri beberapa periode telah menyampaikan bahwa telah banyak tantangan yang telah dialami HMI/KAHMI di masa lalu dan organisasi ini survive.

“Itu seharusnya menjadi semangat menghadapi masalah apa saja termasuk Covid-19. Maka ada tiga kata kunci yang penting menjadi pegangan bagi KAHMI: optimalisasi peran, konsolidasi organisasi, dan memperkuat perkaderan dalam rangka mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah Swt,” sambungnya.

“Melalui seminar kita ini kita memperoleh sejumlah gagasan untuk merealisasi pikiran tersebut,” harap Akbar Tanjung.

Dari segi ekonomi Prof Dr Yuddy Chrisnandi Duta Besar Indonesia di Kieyv menjelaskan bahwa produksi barang dan jasa tetap akan secara konservatif. Namun pola transaksi akan berubah.

“Yang akan menentukan ekonomi kita ke depan adalah mempertahankan kesehatan untuk dapat melaksanakan aktifitas ekonomi; menjaga stabilitas ekonomi yang didukung stabilitas politik yang dilandasi leadership kolektif; sinerji antara kekuatan-kekuatan di masyarakat dan pemerintah,” jelas Yuddy.

Obat Covid-19 Sudah Ditemukan dan Vaksinnya Segera Beredar
Halal Bi Halal KAHMI Sumut

Drs H Hasrul Azwar MM, Duta Besar Indonesia di Maroko menyampaikan perlunya bagi kita menjalankan kehidupan ekonomi berbasis Islam.

“Antara lain dengan mengembangkan organisasi KAHMI untuk mengoptimalisasi lembaga-lembaga filantropi Islam antara lain yang terkait dengan pengelolaan zakat, infaq, sodaqoh,” jelasnya.

Dari segi pendidikan mantan Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom mengatakan
reorientasi target, kurikulum, proses, dan penilaian dalam menerjemahkan ulang baldatun toyyibatun warobbun ghofur melalui upaya harmonisasi horizontal (sikap, keterampilan dan pengetahuan) dan vertikal (SD, SMP, SMA, PT), pemetaan SDM, pemetaan potensi PT, penguatan leadership, dst. Goals new model of education kita adalah menuju negara maju yang relijius.

Acara ditutup oleh Koordinator Presidium MN KAHMI, Sigit Pamungkas SIP MA.

Obat Covid-19 Sudah Ditemukan dan Vaksinnya Segera Beredar (2)
Ketua Umum MW KAHMI Sumut Ir Murlan Tamba MM

Demikian jumpa pers yang diberikan oleh Ketua Umum MW KAHMI Sumut Ir Murlan Tamba MM yang didampingi Ir Irwan Bahri, Sekretaris Umum bersama Ketua Panitia Dr dr Delyuzar MKed (PA) SpPA (K), Dr Abd Rajab Pasaribu, Achmad Tirmizi ST MM, Drs Usman Hasibuan, Drg Sulfia Rambe, Yenny Siregar ST, Pera Sagala ST MMPP, Prof Dr Sri Minda Murni, Dr Khairani Sukatendel, Hendra Utama SSos MSP dan Dr Ira Suryani. Berita Medan, red