IHSG Tembus 5.000, Rupiah Masih Berkonsoldiasi di 14.100

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM. Medan – Indeks bursa global terus mengalami kenaikan yang dimotori oleh kinerja bursa wall street yang menguat 2% pada perdagangan sebelumnya.

“Data realisasi klaim pengangguran AS yang membaik menjadi salah satu pemicu membaiknya kinerja indeks bursa di AS yang mendorong penguatan bursa di Asia, serta mengabaikan aksi demonstrasi yang memburuk,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Kamis (4/6/2020)

Benjamin mengatakan, pada pembukaan perdagangan saham pagi ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mengalami penguatan dan berhasil menembus level psikologis 5.000. IHSG dibuka menguat 4.964,67, dimana IHSG sempat menguat hingga menyentuh level 5.013, Dan sejauh ini, IHSG masih berkonsolidasi di kisaran 5000.

Namun sayangnya, mata uang Rupiah justru terhenti penguatannya pada perdagangan pagi ini. Rupiah diperdagangkan dikisaran 14.105 per US Dolar atau mengalami pelemahan sedikit dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di level 14.095.

“Meski demikian, selama tekanan US Dolar tetap terjadi seiring dengan aksi demonstrasi, saya yakin Rupiah masih berpeluang untuk menguat,” jelasnya.

Secara keseluruhan, kinerja pasar keuangan domestik di pekan ini menunjukan kinerja yang baik menunjukan bahwa sentimen new normal masih mendominasi sentiment pelaku pasar di dunia.

“Jadi pada dasrnya meskipun new normal belum diberlakukan di Indonesia. Tetapi pelaku pasar sudah melakukan aksi beli di pasar keuangan yang membuat nilai fundamental sejumlah efek mengalami kenaikan (Priced in),” imbuhnya.

- Advertisement -

Berita Terkini