Penyaluran BLT Dana Desa Bulan Pertama di Simalungun Tuntas

Penyaluran BLT Dana Desa Bulan Pertama di Simalungun Tuntas
Penyaluran BLT Dana Desa kepada Keluarga Penerima Manfaat di Nagori Pematang Gajing, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Sabtu (30/05/2020)

MUDANEWS.COM, Simalungun – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang selanjutnya disingkat BLT Dana Desa adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Simalungun, Arjuna menyampaikan bahwa sesuai yang ditargetkan Penyaluran BLT Dana Desa bulan pertama di Kabupaten Simalungun tuntas akhir bulan Mei 2020.

Hal tersebut disampaikan Arjuna (TA-PP) dalam laporan lisan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) Kabupaten Simalungun, yang diterima Kabid Pemnag Robert Kenedi Silalahi pada Sabtu sore (30/5/2020) di Kecamatan Siantar turut hadir Pantas Pangaribuan (TA-ID) dan Oby Syahri Pohan (TA-TTG).

“Realisasi BLT Dana Desa bulan pertama di Kabupaten Simalungun tuntas, disalurkan kepada 36.459 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sejumlah Rp 600.000 per KPM dengan Anggaran sebesar Rp 21.875.400.000 di 385 Nagori (Desa) pada 32 Kecamatan,” jelas Arjuna.

Arjuna menambahkan bahwa seluruh Nagori (Desa) di Kabupaten Simalungun sebanyak 386 Nagori (Desa) telah melaksanakan Musyawarah Nagori Khusus berkaitan dengan BLT Dana Desa T.A. 2020, dan hanya 1 (satu) Nagori yang tidak menyalurkan BLT Dana Desa, berdasarkan hasil Musyawarah Nagori Khusus yang dituangkan dalam Berita Acara pada validasi dan finalisasi data calon penerima belum ditemukan warga yang membutuhkan BLT DD, mengingat warga Nagori tersebut adalah karyawan pada suatu Perusahaan Perkebunan dan sudah mempunyai penghasilan setiap bulan.

“Terimakasih kepada semua pihak atas partisipasi dan kerjasamanya, terutama kepada Relawan Nagori (Desa), Pemerintah Nagori, Maujana (BPD), Tenaga Pendamping Profesional (PLD, PDP, PDTI, TA), Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pemerintah Kecamatan, Dinas PMPN, dan Pemerintah Kabupaten Simalungun, dalam penyaluran BLT Dana Desa di Kabupaten Simalungun sehingga berjalan dengan sukses, tertib, aman serta mengikuti protokoler kesehatan,” ucap Arjuna selaku Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Robert Kenedi Siallahi berharap KPM BLT Dana Desa dapat memanfaatkan bantuan tunai tersebut untuk kebutuhan keluarganya dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Kepada Pemerintah Nagori segera menyampaikan Laporan Peyaluran BLT-DD bulan pertama tersebut,” harapnya. Berita Simalungun, red