IHSG dan Rupiah Bertolak Belakang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperdagangkan menguat tajam pada perdagangan hari ini. IHSG ditutup naik 1.7% di level 4.626,79.

“Kinerja IHSG membaik seiring dengan antusias pelaku pasar setelah pemerintah memberlakukan skema new normal untuk menggerakan ekonomi,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (26/5/2020).

Sementara itu, berbeda dengan IHSG mata uang rupiah justru mengalami pelemahan di kisaran level 14.755 per us dolar. Kinerja rupiah dan IHSG saling bertolak belakang.

“IHSG banyak dipengaruhi sentimen positif eksternal seiring dengan penguatan bursa global. Sementara rupiah masih dibawah tekanan seiring dengan tren penguatan us dolar di pasar global,” sambungnya.

Dari pengamatan perdagangan hari ini, bebernya, setidaknya ada satu sentimen lain yang menjadi kabar baik bagi pasar. Yakni china yang dikabarkan juga mampu mengembangkan vaksin corona yang dinilai berhasil diuji klinis. Meskipun membutuhkan waktu lagi untuk konfirmasi keberhasilan total.

“Secara keseluruhan pekan ini masih diselimuti sentimen negatif yang bisa saja merubah ekspektasi pasar. Sejauh ini pelaku pasar masih bersandar kepada sentimen ekonomi yang cenderung belum sepenuhnya kuat,” ujarnya.

Dibukanya lockdown belum sepenuhnya menjamin bahwa ekonomi global akan pulih dengan segera. “Masih ada ancaman lain yang bisa saja menekan pasar nantinya seperti perang dagang yang kian memburuk,” tandasnya. Berita Medan, Fahmi

- Advertisement -

Berita Terkini