IHSG dan Rupiah Stabil di Penutupan Perdagangan Awal Pekan

Peternak Ayam Rata-Rata Rugi 2 Kali, Harga Ayam Naik
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan penutupan awal pekan ini hanya menguat tipis di level 4.511,05 atau hanya naik 0.07%. Sementara itu, mata uang Rupiah juga diperdagangkan menguat tipis di level 14.850 per US Dolarnya. Kinerja pasar keuangan pada hari ini sempat berada di dua zona sebelum akhirnya baik Rupiah dan IHSG ditutup di zona hijau.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Senin (18/5/2020).

“Pelaku pasar terkesan memilih wait and see ditengah riuh rendahnya sentimen pada saat ini. Sejumlah kabar terbaru menunjukan bahwa Iran mulai menunjukan tekanannya keada AS terkait masalah kapal minyak di karibia. Bahkan dengan ancaman adanya kemungkinan konfontrasi yang lebih serius antara Iran dengan Amerika Serikat,” ujarnya.

Namun, kata Benjamin, hubungan antara AS dengan China masih memanas, dimana AS kembali menunjukan sikap permusuhan. Huawei perusahaan teknologi dari China kembali dilarang menggunakan produk produk teknologi dari AS.

“Selanjutnya WHO juga mengatakan bahwa tengah menyelidiki sindrom perdagangan baru dan langka yang menjangkiti ratusan anak-anak. Kabar dari WHO tersebut memperburuk gambaran pasar keuangan kita ditengah buruknya kondisi ekonomi global maupun nasional belakangan ini,” ungkapnya. Berita Medan, fahmi