Keluarga Tak Punya Biaya, Polisi di Sumut Tebus Jenazah Korban Kecelakaan

Keluarga Tak Punya Biaya, Polisi di Sumut Tebus Jenazah Korban Kecelakaan
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Jakarta – Polisi di Samosir, Sumatera Utara (Sumut), menebus jenazah korban kecelakaan lalu lintas. Bantuan ini diberikan karena keluarga korban tidak memiliki biaya untuk menebus jenazah dari rumah sakit.

Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh mengatakan perilaku terpuji itu dilakukan Kepala Unit (Kanit) Lantas Polres Samosir Brigadir Heri Ompusunggu. Saleh mengatakan bantuan itu diberikan dari uang pribadi Heri.

“Betul sekali, Kanit Lantas yang membantu. Inisiatif dia, dan pakai uang pribadinya,” kata Saleh, Sabtu (9/5/2020).

Saleh menceritakan kejadian bermula saat korban mengalami kecelakaan pada Minggu (3/5). Keluarga korban yang dihubungi tidak kunjung mendatangi korban.

“Heri mengecek kondisi korban ke Rumah Sakit Sidikalang, karena kemarin dibawa kesana. Kondisinya masih hidup, dan dicarilah keluarganya. Dapat, kemudian dihubungi, tapi sepertinya keluarganya cuek,” ujarnya.

Saleh menjelaskan beberapa hari kemudian korban meninggal dunia. Keluarga yang terus dihubungi kepolisian akhirnya datang ke rumah sakit.

“Anggota nanya ke mereka kenapa tidak mengurus korban? Mereka menjawab karena tidak ada biaya,” jelasnya.

Karena keluarga tidak memiliki biaya, kata Saleh, Heri kemudian berinisiatif untuk menebus jenazah korban. Heri juga membiayai pembelian peti dan menyewa ambulans untuk kepulangan jenazah.

“Akhirnya anggota ambil tindakan. Dibeli petinya, dibayar tebusannya sampai ambulansnya juga. Lumayanlah itu, sebulan gaji. Sekitar Rp 6-7 juta,” paparnya.

Sumber : detik.com