Panas Dingin Harga Emas Karena Corona dan Tensi Perang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Harga emas dunia belakangan ini bergerak sangat liar dengan fluktuasi harga yang dipengaruhi oleh perkembangan kasus penyebaran corona. Sejak ada klaim dari Gilead bahwa telah ditemukan obat yang mujarab untuk mengobati corona, harga emas menjadi yang sangat dirugikan karena terjadi penurunan harga disitu. Seiring dengan itu pula, langkah kebijakan banyak negara yang berencana membuka lockdown juga memberikan kontribusi negatif terhadap pergerakan harga emas itu sendiri.

“Harga emas sejauh ini memang masih bertahan dikisaran $1.701 per ons troy. Dan dibulan mei ini harga emas sempat menyentuh level terendahnya dikisaran $1.670-an per ons troy di awal bulan. Perlahan harga emas berbalik mengalami penguatan setelah hubungan antara AS dan China kembali memanas,” jelas Gunawan Benjamin, Analis Pasar Keuangan, Gunawan di Medan, (5/5/2020).

Dengan demikian, lanjutnya, hubungan antara Iran–AS yang juga kian mendekati kepada kemungkinan perang. Dan masih banyak lagi masalah-masalah geopolitik yang bisa saja membuat harga emas mengalami kenaikan. Harga emas jika mengacu kepada hubungan diplomatic banyak  negara serta kemungkinan tensi perang dagang yang memanas, maka emas harganya masih berpeluang untuk naik.

“Namun jika emas dikaitkan dengan penanganan wabah corona, potensi turunnya lebih besar ketimbang dengan kenaikannya. Jadi bagi investor emas saat ini sebaiknya lebih memilih sikap wait and see. Akan tetapi dalam jangka panjang saya masih meyakini kalau harga emas masih akan berpeluang untuk mengalami kenaikan,” ujarnya.

Jika dirupiahkan harga emas murni nasional saat ini itu dikisaran Rp. 827 ribu per gramnya. Mengalami penurunan dikarenakan terjadi penguatan pada mata uang Rupiah. “Oleh karena itu, bagi investor yang membutuhkan cash dengan menjual emas sudah bisa merealisasikan keuntungan. Tetapi jika ingin tetap menyimpannya juga tidak masalah,” terangnya. Berita Medan, Fahmi

- Advertisement -

Berita Terkini