IHSG Lemah, Tekanan Investor Asing Bersihkan Pasar Saham

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan awal pekan ini. IHSG dibuka menguat di level 4.516,29 dan sejauh ini tren IHSG berbalik melemah di kisaran 4.486. Pasar keuangan masih diselimuti sentimen negatif. Khususnya tekanan dari invetor asing yang masih membukukan jual bersih di pasar saham.

“Setidaknya ada banyak sentimen negatif di pekan ini, diantaranya adalah adanya laporan pertumbuhan ekonomi AS yang diperkirakan akan turun bahkan pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama AS diperkirakan minus. Data laporan pertumbuhan ekonomi tersebut sangat berpeluang menggiring tekanan lebih besar bagi pasar saham nantinya,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Senin (27/4/2020).

Benjamin menambahkan, terlebih jika realisasinya lebih buruk dari ekspektasi. Selain itu, pelaku pasar juga terus akan mencermati dampak ekonomi dari kebijakan pemerintah yang menutup sejumlah wilayah. Bukan hanya Jabodetabek saja, tetapi wilayah lain juga sudah mulai memberlakukan penutupan yang berpotensi membuat pelaku pasar semakin pesimis terkait dengan pertumbuhan ekonomi kedepan.

“Indonesia sendiri baru akan menyampaikan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal pertama pada tanggal 5 Mei mendatang. Disisi lain, mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini diperdagangkan melemah dikisaran level 15.470 per US Dolar. Sementara itu, sejumlah indeks bursa futures di AS pagi ini menunjukan angka yang stabil dengan kecenderungan turun,” beber dia. Berita Medan, Fahmi

- Advertisement -

Berita Terkini