MDS Rijalul Ansor Sumut : Mari Sambut Ramadhan dengan Gembira di Pandemi Covid-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pengurus Wilayah Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Prov. Sumut (PW-MDS SU) mengajak Warga Sumatera Utara menyambut bulan suci ramadhan dengan mempersiapkan diri lahir batin serta suasana hati gembira di tengah pandemi virus corona yang sedang mewabah dipenjuru tanah air.

Hal itu disampaikan Ketua MDS Rijalul Ansor Sumut, Ustaz Dedi Hermanto Sitorus SPdi kepada mudanews.com, Sabtu (18/04/2020).

Dikatakan, dalam hitungan hari kedepan, Umat muslim akan memasuki pintu gerbang bulan suci ramadhan tahun 1441 Hijriah, bulan yang dinanti umat islam yang diyakini sebagai bulan penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Namun katanya, Bulan ramadhan kali ini harus dilalui ditengah pandemi virus corona yang sedang mewabah, menyikapi hal tersebut katanya, warga sumut diharapkan mematuhi anjuran pemerintah serta fatwa para ulama dalam melaksanakan kewajiban di bulan penuh berkah ini.

“Marhaban yaa Romadhon, Puasa tahun ini momentum baik untuk peningkatan ibadah, pendekatan diri kepada Allah (taqorrub ilalloh). Dengan berdiam dirumah merupakan usaha jihad kita melawan virus corona yakni memutus rantai penyebarannya,” ujar Ustaz Dedi.

Disebutkan, Wabah pernah terjadi pada zaman Nabi, hal itu dibuktikan dalam hadist shahih al-bukhari, musnad ahmad, an- nasai dan al- baihaqi.

“Suatu ketika Aisyah bertanya kepada Rasulullah saw tentang Ath-thaun. Kemudian Rasulullah menjawab  Ath- Thoun Adalah Azab bagi mereka yang dikehendaki oleh Allah dan rahmat bagi orang beriman. Maka, Tidaklah seorang hamba yang dilanda wabah lalu ia menetap dikampungnya dengan penuh kesabaran dan mengetahui segalanya berasal dari ketetapan Allah SWT kecuali baginya pahala seperti orang mati syahid”

Dalam hadis ini katanya, Rasulullah saw, mengajarkan kepada umatnya untuk tetap berada di tempat tinggal selama wabah berlangsung. Hal ini kemudan menjadi salah satu dalil untuk memperkuat pendapat para ahli medis, bahwa setiap orang berpotensi menularkan virus walaupun ia tidak memiliki gejala sama sekali.

“Maka jihad kita untuk diam dirumah menjadi berpahala, karena mengikuti perintah Baginda Rasulullah saw,” timpalnya.

Dalam qowaidul fiqih juga dijelaskan bahwa mencegah kerusakan itu lebih diutamakan dari pada mencari kemaslahatan (Darul Mapasid Muqoddamun Ala Jalabil Masholih). Artinya bahwa bersilaturahim itu baik (maslahah) buka puasa bersama, pengajian dan tadarus, sholat tarawih, sholat idul fitri itu juga baik. Tapi katanya, Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini hendaknya kita dahulukan mencegah kemudharatan (kerusakan), jangan sempat virus ini terus menerus menyebar.

“Agama dan ulama telah mengajarkan kita untuk beribadah dalam kondisi udzur seperti yang kita rasakan, Karna wabah ini sudah menjadi wabah global. jadikan bulan suci ramadhan ini sebagai latihan peningkatan diri menjadi hamba muttaqin,” sebutnya.

Dikatakan, kepada kader Ansor Banser di sumatera utara agar selalu sigap dan update terkait penanggulangan virus ini, mengikuti anjuran pemerintah dan fatwa para ulama, membantu pemerintah mengedukasi masyarakat cara hidup sehat, cuci tangan, social distancing, physsical distancing, memakai masker jika keluar rumah dan lain sebagainya.

“Diimbau pada seluruh kader Sumut, kegiatan sosial dibulan puasa yakni buka puasa bersama, sahur keliling, takbiran keliling maupun mudik hendaknya tahun ditiadakan, sambil menunggu arahan dari pemerintah terkait informasi perkembangan covid-19.

“Kita sambut dan laksanakan ibadah puasa  dengan penuh kekhusukan serta mendoakan agar pandemi segera berakhir,” ucapnya.

Selain itu, MDS Rijalul Ansor Sumut meminta dan mendesak pemerintah agar mensegerakan program bantuan terhadap warga terdampak covid-19 di wilayah prov. sumut. Menurutnya, Program tersebut sudah mulai dijalankan dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait sampai ke desa-desa. Diapun berharap pada masyarakat yang mampu secara ekonomi hendaknya dapat berbagi terhadap warga yang kurang mampu.

“Kita lawan covid-19 di bulan ramadhan ini dengan bahu membahu dan berbagi sampai wabah hilang dari negeri tercinta,” tandasnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini