Penyerahan Surat Keputusan Universitas Haji Sumatera Utara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Penyerahan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 382/M/2020 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nurliana Medan Menjadi Universitas Haji Sumatera Utara, dilaksanakan, Kamis, (16/4).

Kepala LLDikti Wilayah I Provinsi Sumatera Utara Prof. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph.D, menyerahkan secara resmi SK Universitas Haji Sumatera Utara kepada Ketua Umum Yayasan Pendidikan Sumatera Utara dr. H. M.P. Siregar, SKM di ruang kerjanya Jl. Sempurna Tanjung Sari Medan.

Dalam acara yang penuh kehangatan dan kekeluargaan tadi Prof. Dian memberikan masukan-masukan demi terwujudnya Universitas yang unggul di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia Umumnya.

“Seluruh komponen civitas akademika harus bekerja keras dan saling mendukung untuk mewujudkan cita-cita ini. Letak Universitas Haji Sumatera Utara yang berada di kabupaten Deli Serdang merupakan letak yang strategis dalam mengembangkan dunia pendidikan kedepan,” ujar Prof Dian.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Sumatera Utara dr. H. M.P. Siregar, SKM dalam kesempatan tadi mengatakan, akan bersungguh-sungguh melaksanakan amanat Kementrian Pendidikan itu, serta tetap berkordinasi dengan LLDikti guna membawa nama baik pendidikan bidang kesehatan di Sumatera Utara.

“Kami akan terus melakukan kordinasi dan melaksanakan arahan dari LLDikti Sumut, semoga kehadiran Universitas RS Haji Sumatera Utara ini akan membawa manfaat bukan hanya untuk masyarakat Sumatera Utara saja, namun juga bagi nusa dan bangsa,” ujar dr. H. M.P. Siregar, SKM.

Perjalanan Panjang

Keberadaan STIKes RS Haji Medan memang cukup panjang dan penuh pengorbanan. Diawali pada tanggal 19 Juli 1994, berdirilah Akademi Keperawatan Rumah Sakit Haji Medan. Dengan perjuangan seluruh yayasan dan staf pengajar yang ada, tanggal 23 Desember 2008 berkembang menjadi STIKes RS. Haji Medan. Dan selama 25 tahun menjalankan proses belajar mengajar di dunia kesehatan, dengan semangat yang tinggi Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara berkeinginan untuk mendirikan Universitas Haji Sumatera Utara.

Gayung bersambut, Pada tanggal 24 Agustus 2019 / 23 Dzulhijjah 1440 Tim Verifikator dari Kementerian Ristek Dikti melakukan visitasi di Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara di Jalan Rumah Sakit Haji Medan-Medan Estate. Setelah menunggu 7 bulan SK Universitas Haji Sumatera Utara secara resmi telah diserahkan kepada Yayasan Pendidikan Haji Sumatera Utara.

Sementara itu Hj. Masdalifa Pasaribu, S.Kep, Ns, SKM, M.Kes menginformasikan, untuk saat ini pihak Universitas telah membuka pendaftaran Program Studi Profesi Ners, Ilmu Keperawatan – S1, Farmasi – S1, Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) – S1, Diploma III Keperawatan & Kebidanan dan Sarjana Terapan Kebidanan, Ekonomi – S1, Hukum – S1 dan PGSD – S1.

“Semoga Universitas Haji Sumatera Utara mampu bersaing dengan seluruh Universitas di Indonesia dan dunia internasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup Hj. Masdalifa Pasaribu. Berita Medan, red

 

- Advertisement -

Berita Terkini