Ketua Pemuda LIRA Kota Medan, Sayangkan Sikap Kadiskes Sumut Cuci Tangan

Ketua Pemuda LIRA Kota Medan, Sayangkan Sikap Kadiskes Sumut Cuci Tangan
Dian R Dalimunthe

MUDANEWS.COM, Medan – Ketua Pemuda LIRA Kota Medan Dian R Dalimunthe menyayangkan sikap Kadiskes Sumut yang terkesan cuci tangan, saat ditanya wartawan media nasional saat ditanya melonjaknya angka Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Sumatera Utara .

Dan mengatakan naiknya angka ODP tadi, karena banyaknya masyarakat yang membandel hingga menjadi ODP.

“Sebaiknya Kadiskes itu jangan seperti broker saham menunjukkan naik turunnya harga saham. Lebih baik beliau mengatakan tidak tahu atau tidak mendapatkan data, ketimbang menyalahkan masyarakat yang sudah sulit dijepit virus C19,” ujar Dian alias Bor-bor itu saat ditemui di Medan, Kamis (26/3/2020).

Dikutip dari tempo.co, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif Corona tidak mudah. Tidak semua orang bersedia ditanya.

“Petugas kami sampai ada yang diancam dan sebagainya. Kalau ODP bisa diidentifikasi, kontribusinya memutus rantai penularan,” kata Alwi saat mendampingi Riadil di Media Center Gugus Tugas.

Dia meminta 763 orang dalam pengawasan (ODP) melakukan karantina mandiri dan melakukan social distancing selama dua minggu supaya angka penyebaran tidak terus bertambah.

Dari awal, banyak ODP yang tidak mau mengisolasi diri sehingga terjadi peningkatan jumlah PDP yang signifikan.

“Banyak ODP yang membandel. pertimbangan hukumnya membolehkan, kami akan umum nama-namanya supaya menjaga kita semua,” ucap Alwi.

Sebanyak 50 PDP dirawat di 25 rumah sakit di enam kabupaten dan kota. PDP yang sudah pulang sebanyak enam orang karena dinyatakan negatif, sebelumnya tiga orang telah pulang. Berita Medan, red