246 TKI Asal Sumut Tak Mau Isolasi Diri, Mayoritas Baru Pulang dari Malaysia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengatakan ada 246 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari luar negeri dan tidak melakukan isolasi diri. Para TKI ini juga tidak melaporkan diri setelah pulang.

“Kita sudah dapat data ada 246 orang tersebar di kabupaten/kota. Begitu kembali, mereka tidak mau mengisolasi diri. Bahkan untuk melaporkan bahwa dia kembali ke daerahnya saja kita sangat kesulitan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Harianto Butarbutar di rumah dinas Gubernur Sumut, Kamis (26/3/2020).

Harianto mengatakan TKI ini mayoritas dari Malaysia. Dia menjelaskan TKI yang baru pulang ini malah diketahui bepergian ke luar kota.

“Mayoritas dari Malaysia. Saya baru dapat kabar dari Labura (Labuhanbatu Utara). Ada yang baru pulang tanggal 21 kemarin, sekarang sudah di Patumbak (Deli Serdang) dia. Sudah jalan-jalan dia,” tuturnya.

Harianto juga menuturkan para TKI ini sedang dicari keberadaannya. Pihaknya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menemukan para TKI yang baru pulang itu.

“Sudah kita sebarkan datanya ke masing-masing kabupaten/kota, jadi tugas kabupaten/kota mencari. Kita harapkan juga mereka melaporkan diri sendiri,” jelas Harianto.

Gugus Tugas COVID-19 Sumut sebelumnya juga sempat menyebut banyak orang dalam pemantauan (ODP) Corona yang tak patuh untuk mengisolasi diri secara mandiri. Saat ini, Gugus Tugas sedang membahas langkah hukum bagi yang membandel.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini