Lockdown Merajalela, Rupiah Tembus 15 Ribu, IHSG Terpuruk

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pagi ini, lagi-lagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperdagangkan di teritori negatif. Kinerja IHSG masih terpuruk seiring dengan memburuknya kinerja indeks bursa di Asia maupun Amerika. Pagi ini sejumlah indeks bursa di Asia masih mengalami penurunan dan diperdagangkan di teritori negatif. IHSG sendiri dibuka melemah di level 4.675,33. Dan sejauh ini masih terpuruk di kisaran level 4.568. Sejauh ini IHSG sudah melemah lebih dari 2.5%.

“Pada perdagangan tadi malam, bursa dow jones di AS terpuruk lebih dari 9%, terburuk sejak tahun 1987. Dan kinerja pasar keuangan mengalami tekanan hebat yang membuat pelaku pasar lebih memilih keluar dari bursa saham. Padahal pagi ini Dow Futures mengalami kenaikan 1% lebih, yang seharusnya menjadi kabar baik bagi kinerja indeks bursa di kawasan Asia,” ujar Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin kepada mudanews.com di Medan, Selasa (17/3/2020) pagi.

Akan tetapi, ungkap Benjamin, sentiment buruk kembali datang dari sejumlah negara yang justru menutup akses keluar masuk. Filipina menjadi salah satu negara yang melockdown ibu kotanya. Dan pasar keuangannya juga ditutup karena serangan covid 19. Hal ini memberikan kekuatiran baru bagi pasar keuangan sehingga dikuatirkan bisa meluas ke sektor rill.

“Banyak masyarakat yang mengkuatirkan adanya dampak negative yang lebih luas dari corona tersebut. Sejauh ini pemerintah dan masyarakat diharapkan melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi kepanikan di pasar keuangan atau sell-off dan tercipta kestabilan harga kebutuhan pangan masyarakat,” kata Benjamin.

Dari kinerja mata uang Rupiah, lagi lagi Rupiah terpuruk dan menembus level 15.000 per US Dolar. “Rupiah melamah pada perdagangan hari ini dan keterpurukan ini menimbulkan kekuatiran baru bagi kinerja ekspor impor maupun penambahan jumlah hutang luar negeri akibat rupiah yang melemah,” terangnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini