IHSG Alami Pemulihan, Harga Minyak Mentah Turun Mencapai 20%

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami pemulihan pada perdagangan pagi ini. IHSG berbalik menguat setelah sejumlah indikator pemulihan indeks saham Dow Jones yang terlihat dari Dow Futures mengindikasikan kemungkinan membaiknya bursa di AS malam nanti. Kinerja indeks bursa di asia juga cenderung membaik dan mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini.

Hal demikian diterangkan analis pasar keuangan, Gunawan Benjamin, Selasa (10/3/2020).

“Namun ketika perdagangan kembali dibuka dow jones pun langsung tersungkur pada saat perdagangan tadi malam, bursa efek di AS sempat dihentikan setelah di sesi pembukaan anjlok hingga 7%,'” tambahnya.

Kata Gunawan Benjamin, IHSG pagi ini dibuka menguat ke 5.149,49. Sementara itu kinerja IHSG sejauh ini masih menguat di kisaran level 5.265,79 cukup baik dan berangsur angsur keluar dari keterpurukan.

“Selain itu, di blok lain terjadi penurunan seperti harga minyak mentah yang mencapai 20% lebih, itu akan memberikan indikasi yang memungkinan potensi buruknya kinerja harga saham berbasis energi,” katanya.

Sekalipun IHSG pagi ini mengalami penguatan. Akan tetapi saya mengkuatirkan akan adanya aksi profit taking yang bisa saja terjadi tiba tiba. Kinerja pasar keuangan kembali mengalami masalah pada hari ini, seiring dengan potensi jepang yang akan masuk ke dalam jurang resesi.

Sentimen eksternal belum sepenuhnya pulih. Dan masalah serius masih memghantui pasar keuangan. Para pelaku pasar akan berhati-hati dalam bertransaksi pada hari ini. Meskipun saya yakin IHSG akan mampu menguat hingga penutupan perdagangan.

“Namun, mata uang rupiah kembali mengalami penurunan dan terperosok ke level 14.410 per us dolar pada perdagangan hari ini,” pungkas Gunawan Benjamin.

- Advertisement -

Berita Terkini