KPOTI Sumatera Utara, Audiensi dengan Dinas Pendidikan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi Sumatera Utara menggelar audiensi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di Jalan Teuku Cikditiro, Kelurahan Madras Hulu Kota Medan, Senin (2/3/2020).

Audiensi dilakukan dalam rangka memperkenalkan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara tentang Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia yang merupakan wadah berhimpun komunitas permainan rakyat dan olahraga tradisional yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Kehadiran KPOTI Sumut disambut baik oleh Kepala Bidang Pembinaan SMA Muhammad Ikhsan Lubis MM.

“Hadirnya kami disini ingin membangun sinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi sebagai institusi yang melekat dengan dunia pendidikan. Kami ingin mengajak Dinas Pendidikan Provinsi meningkatkan peran serta masyarakat  untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan permainan rakyat dan olahraga  tradisional, karena kami yakin bahwa dengan adanya sinergi yang baik penggalian, pelestarian, dan pengembangan permainan rakyat dan olahraga tradisional akan segera dapat terwujud dan budaya yang melekat terhadap bangsa ini tidak akan punah,” ujar Agustin Sastrawan Harahap (Mandataris KPOTI Provinsi Sumatera Utara).

Lebih lanjut Agustin memaparkan bahwa Berdasarkan keputusan Munas Pertama KPOTI pada tanggal 08-12 Desember 2019 di Bogor Pemerintah mendorong para penggiat permainan rakyat & olahraga tradisional untuk membulatkan tekad demi menjadikan permainan rakyat dan olahraga tradisional indonesia sebagai bagian dari budaya dunia.

Dalam pengelolaannya Komite Permainan rakyat & Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) telah merumuskan dan menerbitkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) sebagai landasan dan pedoman penyelenggaraan organisasi, baik pada tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Dalam sambutannya Kabid PSMA Muhammad Ikhsan Lubis MM merasa senang dan menyambut baik kehadiran KPOTI Provinsi Sumatera Utara di Dinas Pendidikan.

“Saya jadi teringat masa kecil, dimana saya merasa senang bisa bermain olahraga tradisional bersama teman-teman, penuh tawa dan riang gembira itu yang saya rasakan sembari tersenyum lebar mengenang masa lalu,” imbuhnya.

Bahkan saat menjadi kepala dinas pendidikan di Kota Sidempuan, kegiatan olahraga tradisional ini kerap saya jadikan bahagian program yang diperlombakan ditingkat sekolah. Sangat berbeda dengan keadaan hari ini, sangat jarang kita temui anak – anak berkumpul bermain olahraga tradisional.

“Padahal ini budaya yang seharusnya terus dijaga kelestariannya. Oleh karenanya kami sangat memberi apresiasi yang tinggi kepada KPOTI SUMUT yang masih berniat tulus dalam membudayakan kembali permainan rakyat dan olahraga tradisional di Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara akan berusaha semaksimal mungkin mendukung dan berkolaborasi dengan KPOTI SUMUT dan turut mensosialisasikan permainan rakyat dan olahraga tradisional dilingkungan dunia pendidikan khususnya SMA dan SMK.

“Kami berkomitmen dan konsisten mengemban amanah sebagai bahagian dari pemerintah provinsi untuk membangun masyarakat yang Cerdas, Sehat, Bugar dan Berkarakter,” kata Ikhsan.

 

- Advertisement -

Berita Terkini