Pabrik Gula Sei Semayang, Giling Perdana T.G 2019/2020

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Semenjak berdirinya pabrik gula sei semayang pada Tahun 1982, dengan dimulainya proyek pengembangan industri gula (PPIG) di Sumatera Utara dan perkembangnnya sampai Tahun 1996 yang ditandai dengan peleburan beberapa BUMN yang membuat pabrik sei semayang ini berkembang, diantaranya perluasan lahan, areal pabrik, penambahan jumlah pekerja dan mesin pabrik. Kini, Pabrik Gula Sei Semayang di Kabupaten Deli Serdang, Giling Perdana T.G 2019/2020.

Latar belakang berdirinya pabrik gula sei semayang karena didorong untuk menggunakan lahan milik PTPN IX agar lebih berdaya guna yang sebelumnya lahan perkebunan tembakau. Walhasil, diambil suatu kebijakan untuk mengadakan diversifikasi (Penganeragaman) tanaman dengan penanaman coklat, kelapa sawit dan debu.

Namun, perkebunan tembakau yang ada di PTPN IX telah banyak dialihkan ke tanaman tersebut. Percobaan tanaman tebu merupakan awal dari pendirian Pabrik Gula Sei Semayang yang dimulai pada tahun 1975 oleh proyek pengembangan industri gula (PPIG). Setelah produksi pertama Tahun 1982 sampai tahun 1996, hasil produksi mengalami pasang surut ditiap tahunnya akibat faktor lahan tenaga kerja dan produksi.

Seiring pasang surutnya bisnis, maka Tahun 2014 berakhir.

- Advertisement -

Berita Terkini