Masjid Tertua di Langkat, Masjid Jaya Ar Rahman Kejuruan Sri Amar Setia Bingai

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Langkat memiliki bangunan Masjid tertua, lebih tua dari Masjid Azizi yang berada di Tanjung Pura yang selesai di bangun pada 1902, kemudian Masjid Raya Stabat selesai dibangun pada 1904 dan Masjid Raya Selesai pada 1906 serta Masjid Aziziah di desa Secanggang dibangun pada 1908. Masjid tersebut ialah Masjid Jaya Ar Rahman, Masjid peninggalan Sejarah kerajaan Bingai yang terletak di Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Satu-satunya sisa peninggalan Masjid panggung peninggalan sejarah Kerajaan Langkat ini masih berbahan kayu tanpa menggunakan paku pada awal pendiriannya. Pintu Masjidnya saja masih menghadap ke arah Sei Wampu, sebab jalur transportasi pada zaman itu masih mengandalkan aliran sungai yang menggunakan perahu dan sampan dalam melakukan segala macam aktifitas, baik perdagangan, penambangan pasir hingga aktifitas nelayan.

Kerajaan Langkat saat itu berbentuk negara federal yang membangun peradabannya disepanjang Sei Wampu, dimulai dari Bahorok, Selesai, Bingai, Johor, Kampung Jongkong, Stabat, Jentera Malay, Kampung Kepala Sungai, Kampung Pulau Haji hingga Kampung Inai Lama, Kampung Terusan dan Kuala Jaring Halus. Salah satunya ialah Bandar Raya Kerajaan Bingai yang didirikan oleh Tuanku Raja Wan Desan yang merupakan putera kedua Tuanku Raja Wan Djabar yang berkedudukan di Kampung Johor (Baca: Gohor Lama).

Dalam catatan John Anderson yang berjudul Mission to the east coast of Sumatra in 1823, seorang utusan dagang kerajaan Inggris yang berkedudukan di Pulau Penang (Malaysia) yang pernah berkunjung ke Langkat pada tahun 1823 menyebutkan nama Tuanku Wan Desan selaku Raja Bingai. Artinya kerajaan Bingai sudah wujud sebagai salah satu bandar diraja atau negara kota kerajaan Langkat lama pada tahun 1823. Artinya, Masjid Jaya Ar Rahman ini sudah ada ketika Bandar Raya Kerajaan Bingai ini berdiri jauh sebelum John Anderson datang ke Langkat pada 1823 yang di perkirakan sekitar awal tahun 1800an.

Masjid ini terbuat dari kayu yang kokoh hingga kini. Tiang penyangga yang awalnya kayu, kini telah dilapisi semen dibagian luarnya untuk memperkokoh bangunan masjid tersebut. Masjid tua ini masih memakai ornamen Melayu dan memiliki atap yang khas bertingkat dua yang merupakan seni bina peninggalan sejarah Kerajaan Bingai yang digagas oleh Tuanku Raja Wan Desan yang merupakan pendiri kerajaan Bingai.

Jika ingin berkunjung ke Masjid tertua di Langkat ini dapat melalui Simpang Gohor Lama desa Stabat Lama Kecamatan Wampu terus menuju desa Perkebunan Gohor Lama dan sampailah ke Kelurahan Bingai atau melalui Stabat Kota terus masuk ke desa Pantai Gemi dan Pertumbukan yang kemudian menggunakan jasa penyebrangan getek, lokasi Masjid tersebut sudah tak beberapa jauh dari lokasi tempat penyeberangan getek tersebut.

Didalam Masjid Ar Rahman Kejuruan Seri Amar Setia Bingai, pengunjung dapat menyaksikan peninggalan sejarah Kerajaan Langkat lama di tepi Sei Wampu dengan suasana yang tak akan pernah didapat di tempat lain, sejuk dan tenang ketika melaksanakan ibadah sholat fardhu di tepi aliran Sei Wampu, peradaban bangsa Melayu Langkat yang di titik nol pembangunannya di mulai dari pinggir sungai.

Penulis : Gusma

- Advertisement -

Berita Terkini