Dosen BK UMN, Perkenalkan Penggunaan Video Informasi Karir Bagi Guru

Dosen BK UMN, Perkenalkan Penggunaan Video Informasi Karir Bagi Guru
Khairina Ulfa Syaimi, M.Pd PKM di SD Rizki Ananda Desa Marindal 1 Kecamatan Patumbak

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Khairina Ulfa Syaimi, M.Pd sebagai Dosen Bimbingan Konseling (BK) UMN Al-Washliyah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM ini terlaksanakan pada hari Sabtu (23/11/2019) di SD Rizki Ananda Desa Marindal 1 Kecamatan Patumbak.

Evi Khairani, S.Pd selaku Kepala Sekolah beserta Bapak dan Ibu Guru SD Rizki Ananda juga turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini mengambil Tema PKM “Sosialisasi Penggunaan Video Informasi Karir Bagi Guru Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Arah Karir Untuk Siswa Di SD Patumbak”. UUD Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Bab II Pasal 3 yang berisi sebagai berikut : Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Adapun tujuan dari kegiatan PKM adalah : (1) Meningkatnya pemahaman guru tentang perencanaan arah karir untuk siswa; (2) Guru dapat menyesuaikan video tersebut dengan kebutuhan siswa antara bakat, minat dan karir yang akan dipilihnya; (3) Siswa sudah mulai merencanakan arah karir;(4) siswa dapat memahami tentang karir

Khairina Ulfa Syaimi, M.Pd mengatakan pemahaman tentang Pentingnya Video Informasi Karir Bagi Guru Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Arah Karir Untuk Siswa Di SD Patumbak.

“Di jenjang SD tidak ditemukan posisi struktural bagi konselor. Pada jenjang SD fungsi bimbingan konseling lebih bersifat preventif dan developmental. Secara pragmatis, komponen pada kurikulum pelaksanaan dalam Bimbingan Konseling yang perlu dikembangkan oleh konselor jenjang SD membutuhkan alokasi waktu yang lebih besar dibandingkan peserta didik jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Ulfa menjelaskan, layanan bimbingan karir dapat diintergrasikan melalui media video informasi karir. Siswa sekolah dasar memasuki tahapan perkembangan kognitif operasional kongkret dimana siswa belum bisa berfikir secara abstrak sehingga diperlukan media yang nyata agar bisa mengkogkretkan pemikiran siswa. Media video termasuk ke dalam jenis media audio visual. Media video merupakan suatu medium yang efektif untuk membantu proses pembelajaran, baik untuk pembelajaran masal, individu, maupun berkelompok.

“Media video informasi ini akan memuat berbagai macam karir, melalui media video akan memberikan gambaran nyata kepada siswa tentang berbagai macam jenis pekerjaan. Disamping memberikan gambaran nyata, mendorong, dan meningkatkan motivasi, film atau video menanamkan sikap serta segi-segi afektif lainnya. Pesan dalam video yang disampaikan lebih efisien. Gambaran visual dapat mengkomunikasikan pesan dengan cepat dan nyata, oleh karena itu dapat mempercepat pemahaman pesan secara komprehensif,” tandas Dosen BK UMN ini. Berita Medan, Alvian