Masyarakat Desa Rampa Rasakan Manfaat Pembangunan Rabat Beton ADD
Pembangunan Rabat Beton

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Pemerintah Desa (Pemdes) Rampa, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah, merealisasikan Dana Desa (DD) tahun 2019 untuk membangun sejumlah fasilitas masyarakat, diantaranya pembangunan infrastruktir jalan.

“Kita menggunakan anggaran dana desa untuk membangun jalan Rabat beton dengan volume 158 meter dengan anggaran sebesar Rp.334.555.100,” ujar Kepala Desa Rampa, Ricci E. Hutagalung kepada media, Sabtu 17 November 2019.

Ricci menyebut, pembangunan infrastruktur jalan otomatis dapat meningkatkan perekonomian warga, sebab dengan pembangunan tersebut, masyarakat dimudahkan untuk akses jalan, selain itu hasil tani dari desa Rampa dapat dengan mudah untuk di distribusikan untuk menambah pendapatan masyarakat desa.

“Otomatis, nilai ekonomi pasti naik, seperti proses angkutan, transportasi, bagi orang yang bisa mengolah hasil taninya agar ada peningkatan untuk warga desa,” tuturnya.

Lanjut Ricci, pembangunan infrastruktur jalan di desa tersebut telah melakukan musyawarah kepada warga setempat sehingga memfokuskan pembangunan di bidang infrastruktur jalan.

“Kita juga memanfaatkan warga desa untuk turun langsung membangun jalan ini, jadi masyarakat desa juga di berdayakan dengan adanya anggaran dana desa ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ramses salah satu warga desa mengatakan, merasa terbantu dengan adanya pembangunan akses jalan dengan anggaran dana desa dari pemerintah pusat yang tersalurkan di desanya.

“Yah sangat berterimakasih dengan adanya pembangunan di desa kami, saya juga merasa dimudahkan untuk akses jalan, selain itu masyarakat desa disini juga yang tadinya tidak ada bekerja dengan pembangunan ini, pemuda-pemuda disini mendapatkan pekerjaan dan tentunya membantu perekonomian bagi keluarga,” tuturnya.

Baik Ramses maupun kepala desa Rampa , Ricci E. Hutagalung berharap agar kedepannya pemerintah lebih memperhatikan nasib masyarakat yang berada di desa agar pemerataan pembangunan di seluruh daerah dapat merasakan pembangunan. (Supriadi)