Pemprovsu Laksanakan Evaluasi Perlombaan Desa Terbaik Pelaksana PT P2W-KSS Tapteng

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), laksanakan kegiatan evaluasi perlombaan Desa terbaik pelaksana Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (PT P2W-KSS), Selasa (26/11/2019), di Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapteng.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Ir Aris Sutrisno, secara resmi membuka Desa Pelaksana PT P2W-KSS.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Aris Sutrisno mengucapkan selamat datang kepada Tim Pemprovsu yang didampingi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteran Keluarga (TP-PKK) Tapteng.

“PKK adalah suatu gerakan pembangunan yang tumbuh dari bawah dengan wanita sebagai motor penggeraknya. Perkembangannya harus terus dipacu terhadap kesadaran wanita dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera, baik lahir maupun batin. Menyadari semakin berkembangnya kegiatan pemberdayaan kesejahteraan keluarga di masyarakat, terutama menggalakkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK sampai ke lapisan masyarakat yang paling bawah maka perlu ditopang dengan kemampuan TP PKK dan jajarannya, khususnya TP PKK Desa Simanosor Kecamatan Sibabangun sebagai ujung tombak di Tapteng dalam perlombaan Desa terbaik pelaksanaa PT P2W-KSS Tingkat Provsu,” jelasnya.

Sambungnya, potensi perempuan merupakan aset nasional yang besar, yang harus dapat dikembangkan untuk membangun daerah, khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Melalui PT P2W-KSS sebagai sarana untuk meningkatkan pemberdayaan pelayanan manusia melalui peranan wanita dalam menunjang pembangunan baik fisik maupun non fisik untuk mewujudkan peningkatan kualitas yang sehat dan sejahtera.

“Peningkatan peran wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera, diantaranya dengan terlaksananya pemberantasan buta huruf, adanya peningkatan usaha dan keterampilan perempuan atau UP2K, peningkatan pemahaman dan sadar hukum, meningkatnya pengetahuan, serta hasil pertanian,” terang Bupati Tepteng, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Aris Sutrisno.

Lebih lanjut, tujuan dari kegiatan PT P2W-KSS ini dapat dirasakan warga binaan yang sudah mendapatkan pelatihan dan pembinaan di Desa Simanosor Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapteng.

“Harapan saya, apa yang sudah diperoleh dapat dilanjutkan lagi guna menunjang perekonomian dalam keluarga dan peningkatan perekonomian di Desa Simanosor Kecamatan Sibabangun ini,” harap Bupati Tapteng.

Sementara itu, Tim Pemprovsu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Taufiq Lubis didampingi dari Nila dari Dinas Kesehatan Provsu yang mewakili Ketua Tim Evaluasi Penilaian Pelaksanaan Terbaik Desa PT P2W-KSS Provsu mengatakan pentingnya penyajian indikator pencapaian Terbaik Desa PT P2W-KSS.

“Intinya begini, mari sajikan indikator yang sudah kita tentukan. Indikator inilah sebenarnya yang wajib kita penuhi supaya ada nilainya. Syukur alhamdulillah, disini kami lihat semua Instansi terkait sudah berfungsi dalam upaya penyajian indikator yang baik,” tutur Taufiq Lubis.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, diwakili oleh Wakil Ketua TP PKK Tapteng Ny Juli Darwin Sitompul beserta jajarannya meliputi seluruh Pokja memberikan pembinaan kepada seluruh Pengurus dan Anggota TP PKK Kecamatan dan Desa, khususnya kepada Warga Binaan Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapteng.

Informasi yang dihimpun mudanews.com, acara itu turut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pimpinan OPD dan yang mewakili serta Camat di lingkungan Pemkab Tapteng, Wakil Ketua TP PKK Tapteng dan jajarannya, Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Desa Simanosor, TP PKK Desa,Forkopimka Sibabangun, Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Sibabangun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Masyarakat Desa Simanosor. (Supriadi)

- Advertisement -

Berita Terkini