Hutan Langkat, GRSI Sayangkan Perhutanan Sosial dan Lindung Jadi Kebun Sawit
Ismail Marzuki cek lokasi hutan lindung di Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Ketua Umum Gerakan Rakyat Semesta Indonesia (GRSI) Ismail Marzuki, menyayangkan banyaknya kawaasan hutan lindung dan perhutanan social yang dirambah secara illegal menjadi Perkebunan Kelapa Sawit. Hal tersebut disampaikan Ismail Marzuki kepada wartawan, Rabu (22/11/2019).

Apalagi sebut Ismail Marzuki Program Pemerintah yang berusaha meningkatkan pendapatan masyarakat kecil, lewat Perhutanan Sosial jadi terhambat akibat ulah oknum-oknum yang memanfaatkan hutan lindung dan kawasan hijau sebagai Perkebunan Kelapa Sawit.

“GRSI saat ini sedang fokus mendata, lahan-lahan yang statusnya adalah hutan negara dan lindung. Bahkan telah ditetapkan sebagai kawasan Perhutanan Sosial, tapi dilapangan diubah menjadi kebun-kebun Sawit baik milik perusahaan swasta maupun perorangan”, ujar Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki yang ditemui usai jadi pembicara dalam acara komunitas hutan dan perkebunan di Hotel Emeral Garden itu juga menyayangkan, lemahnya peran aparat pemerintahan dalam fungsi pengawasan. Hingga hutan-hutan negara dan lindung tadi, dapat diseenaknya saja diubah menjadi kebun-kebun sawit milik swasta dan perorangan.

“Ada indikasi mufakat hitam dan sabahat jahat hingga hutan lindung dan kawasan Perhutanan Sosial dikuasai oleh oknum-oknum yang rakus dan serakah, tanpa mengindahkan peraturan perundang-undangan,” tutup Ismail Marzuki. Berita Langkat, fian