Guru Besar UIN-SU, Mahasiswa Ucapkan Selamat kepada Profesor Tien Rafida
Prof Dr Hj Tien Rafida MHum (jilbab kuning) dengan Mahasiswa Non Reguler Magister FITK UIN-SU, Sabtu (16/11/2019).

MUDANEWS.COM, Medan – Mahasiswa non reguler Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) mengucapkan selamat dan sukses atas Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Bahasa Inggris pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan yang diraih Prof Dr Hj Tien Rafida MHum.

Hal itu dituturkan M Nurul Fadhli di Medan, Selasa (19/11/2019).

Fadli mengungkapkan, dengan banyaknya guru besar menjadikan kampus para Juara. Dimana akan berkelas Internasional sesuai dengan cita-cita Rektor Prof Dr Saidurrahman MAg.

“Semoga ilmunya bermanfaat dan berkah untuk dunia pendidikan,” ujarnya.

Sementara Desi Damayani Pohan mengapresiasi perempuan hebat di usia 49 Tahun bisa meraih gelar profesor. “Ini menjadi motivasi kami untuk meraih gelar yang lebih tinggi lagi,” ujarnya mewakili perempuan.

Dikutip dari buku Pengantar Evaluasi Program Pendidikan, berikut profil singkat Prof Dr Hj Tien Rafida MHum merupakan kelahiran dari Pematang Siantar, dengan Ayah yang bernama (Alm) H. Arifin dan Ibu Hj. (Alm). Hj. Zubaidah (Alm). Anak kedua dari 2 bersaudara.

Menempuh pendidikan SD di Siantar tamat tahun 1983, melanjutkan ke SMP di Siantar tamat tahun 1986, kemudian menyelesaikan SMU di Siantar tamat pada tahun 1989. Melanjutkan pendidikan strata 1 (S.1) di IAIN SU jurusan Tadris Bahasa Inggris yang diselesaikan pada tahun 1995. Tahun 2000 meraih gelar Magister Humaniora Program studi Linguistik dari Universitas Sumatera Utara dan meraih gelar Doktor Bidang Linguistik dari Universitas Sumatera Utara tahun 2014.

Kemudian pengalaman kerja dimulai sebagai pegawai kontrak kerja di BNI Pematang Siantar tahun 1994-1996, Tahun 1997 – 2000 bertugas sebagai guru di MTsN Bandar Simalungun. Sejak tahun 2001 menjadi beralih fungsi menjadi Dosen di UIN Sumatera Utara. Tahun 2012-2016 dipercaya sebagai ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Sumatera Utara yang saat ini menjadi UIN Sumatera Utara. Aktif juga pada beberapa kegiatan USAID Prioritas sebagai instruktur.

Selain itu, mendapat kesempatan mengikuti program Sandwich di Nanyang Technology University NIE Singapura selama 3 bulan pada tahun 2011, Doktoral Program pada Leiden University Eropa tahun 2013 dan Pada tahun 2015 Duta Dosen UIN Medan program speech ke Fatani University Thailand. Karya berupa buku yang sudah diterbitkan adalah Psikolinguistik (2007), Penelitian Tindakan Kelas (2015), Pengantar Kewirausahaan, Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship (2016). Berita Medan, red