Ustadz Abdul Somad, Ziarah ke Tuan Guru Batak di Simalungun
Ustadz Abdul Somad TGB Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA sedang berdoa

MUDANEWS.COM, Simalungun – Disela-sela kesibukan dan jadwal yang sangat padat tabligh akbar keliling Indonesia bahkan dunia, Ustadz Abdul Somad LC MA atau viral disebut UAS menyempatkan silaturrahim ke Pondok persulukan Serambi Babussalam Simalungun. UAS datang dan langsung berziarah ke makam Tuan Guru Batak pertama Serambi Babussalam Allahuyarham Syekh Abdurrahman Rajagukguk al-Khalidy Naqsyabandi Qs di Desa Jawa Tongah Kecamatan Hatonduhan Simalungun, Rabu (13/11/19).

UAS tampak begitu khusyu’ berdoa di Makam Allahuyarham Ayahanda Tuan Guru Batak Pertama persulukan yang sudah sering di-jiarahi para tokoh-tokoh ini. “UAS memimpin doa dengan khusyuk di Makam Tuan Guru dengan sebelum membaca beberapa ayat Alquran dan kemudian zikir – tahlil secara berjemaah. Kemudian kami keliling pondok, ke Masjid dan keruangan saya serta saya memberikan Ulos sebentuk penghormatan,” ungkap al-Faqir Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA.

UAS ditemani langsung oleh Tuan Guru Batak ke 2 pewaris kemursyidan persulukan Serambi Babussalam Simalungun yakni al-Faqir Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA beserta para Khalifah dan jemaah.

Tampaknya UAS begitu nyaman di pondok dan beberapa kali memerintahkan ajudan atau tim-nya untuk mem-photo. UAS tetap nyantai dan senyum, di-tengah adanya kode dari timnya yang sepertinya sudah terdesak dgn jadwal yang begitu padat. Lagi-lagi, UAS begitu bersahaja menikmati relaksasi ziarahnya sekaligus ingin menunjukkan adab-adab keteladanan dan kemuliaan. “UAS ini, Ulama dan guru kita yang mengajarkan kemuliaan adab serta senantiasa kita doakan,” ungkap TGB.

Saya juga teringat, waktu Presiden ke 6 Bapak SBY ke-pondok baru-baru ini, dimana dalam pengawalan ketat Paspampres dan memberi kode ke SBY bahwa waktu dipondok sudah habis karena sudah hampir 2 jam. Lagi-lagi SBY, dihadapan jemaah berkata, “Paspampres, saya tegaskan kepada anda bahwa saya ingin lebih lama lagi disini bersama Tuan Guru.” Semua jemaah mendengar dan menyaksikan itu.

Bapak SBY sangat menyadari bahwa ziarah dan berkunjung ke persulukan itu jangan dianggap main-main. Ini kunjungan sakral dan penuh keberkahan. Oleh karenanya sangat penting menjaga adab atau akhlak. “Bahwa sesungguhnya, orang datang ziarah itulah yang beruntung apalagi ziarah ke makam Wali dan Ulama, siapapun orangnya dan apapun pangkat serta jabatannya,” tambah Syekh Dr Sabban Rajagukguk.

Ustadz Abdul Somad, Ziarah ke Tuan Guru Batak di Simalungun
Ustadz Abdul Somad turunkan dari rumah persulukan

Dari ziarah UAS ini, semakin meneguhkan kita betapa penting ziarah kepada Ulama dan terutama penghormatan beliau terhadap Ulama-ulama sufi. Sekaligus, Allah menunjukkan bahwa para Ulama, Wali dan ahli zikir, mereka senantiasa hidup disisi Allah dan memperoleh karunia rejeki dari Tuhan-nya. Mereka tidak pernah takut dan tidak pernah bersedih.

Pada kesempatan itu, al- Faqir Tuan Guru Batak (TGB)Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk mengulosi Ustadz Abdul Somad Lc MA (UAS) di ruang TGB. Menurut TGB, pemberian Ulos ini merupakan tradisi batak sebentuk doa, harapan dan penghormatan kepada tamu-tamu terhormat agar diberi Allah kiranya keberkahan. Ulos juga simbol kekerabatan, persaudaraan dan kerukunan.

“Umumnya, tokoh-tokoh yang datang ke Pondok kita selalu kita Ulosi sebagai bentuk penghormatan ciri khas batak, apalagi kita disebut sebagai Tuan Guru Batak yakni Tuan Guru atau Ulama dari suku batak yang menjunjung tinggi, adab-adab luhur kebatakan selama tidak menabrak syariat,” ungkap TGB. Berita Simalungun, MIH