SMA PAB 4 Sampali, Siswa Diingatkan Pentingnya Keselamatan Berkendaraan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Untuk kesekian kalinya, PT Sumber Jaya Motor bekerjasama dengan main dealer sepeda motor Honda wilayah Sumatera Utara, PT Indako Trading Coy menggelar sosialisasi keselamatan berkendaraan (Safety Riding) di SMA PAB 4 Sampali Percut, Kabupaten Deli Serdang, kemarin.

Dalam arahannya, sub Instruktur Safety PT Sumber Jaya Motor, Eka Yolahati tidak bosan-bosannya mengingatkan kembali kepada siswa SMA PAB4 untuk mengutamakan keselamatan berkendaraan, dengan menyiapkan, terutama STNK, SIM, KTP dan  peralatan pendukung seperti helm standar, jaket, masker dll.

“Lebih baik kehilangan satu detik di dalam hidup dari pada kehilangan hidup dalam satu detik,” Eka mengingatkan kepada para siswa SMA PAB4, yang  diikuti lafal serentak dari siswa dan dihadiri staf perusahaan sepedamotor itu.

Lebih lanjut Eka menyampaikan laporan bahwa angka kecelakaan tahun 2030 di Indonesia naik ke peringkat ke lima mengalahkan penyakit mematikan lainnya. “Jadi para siswa perlu menyiapkan secara diri dan mengetahui sebaik-baiknya arti penting berkendaraan, terutama sekali di jalan raya,” ujar Eka.

Menurut Eka, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, seperti ugal-ugalan, ngantuk dan ngebut-ngebutan yang sampai saat ini tidak disadari oleh para pengendara. “Karenanya, persiapan sejak sebelum mengendara penting sekali diketahui, agar tidak terjadi hal yang tidak diingingkan, terutama oleh para orangtua siswa saat berkendara menuju sekolah atau ke jalan-jalan umum yang padat lalu lintas,” ujarnya.

Acara yang digelar PT Sumber Jaya Motor yang beralamat di Jalan  Williem Iskandar No 32A Medan Tembung ini merupakan  rangkaian dari sosialisasi perusahaan yang bekerja sama dengan main dealer PT Indako Trading Coy. Beberapa waktu lalu, perusahaan sudah melaksanakan event itu untuk kalangan TK dan SD dan dilanjutkan kemudian kepada siswa-siswi SMA untuk  mendapatkan edukasi tentang berkendara sepeda motor.

Hal ini dimaksudkan untuk  memberikan penyadaran kepada siswa SMA tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara.

“Para siswa SMA PAB 4 sama seperti siswa lainnya diberikan edukasi untuk sadar pentingnya keselamatan berkendara. Kita ajari mereka tentang teknik dasar berkendara dan faktor-faktor kecelakaan. Kita tau sekarang angka kecelakaan itu tinggi sekali, jadi untuk meminimalisir, kita buat event edukasi seperti ini,” ujar Eka.

Ini merupakan event tahunan Astra Honda Motor yang sudah dilaksanakan sejak 15 tahun yang lalu. Juga, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di Indonesia.

Sama seperti di SMA lainnya, sosialisasi kepada SMA PAB 4 diberikan dengan  disertai pemutaran media video dan gambar, dengan tujuan memudahkan para siswa mengerti dan melihat praktiknya secara langsung. Berdasarkan catatan, tahun 2018 ini sosialisasi safety riding akan diselenggarakan di 40 SMA, 5 SMP dan 15 TK-SD se-Sumatera Utara.

Pihak PT Sumber Jaya  Motor menyebutkan, sosialisasi ini bertujuan untuk persiapan bagi para siswa agar nantinya setelah tamat sekolah dapat menjadi bekal bagi mereka agar dapat  mengutama keselamatan berkendaraan dan  turut mengampanye keselamatan berkendara. Ini merupakan bagian dari komitmen PT Indako Trading Coy,  untuk memperkuat kontribusi terhadap upaya membangun budaya aman berkendara, sekaligus berperan aktif mendukung kinerja pihak kepolisian dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di wilayah Sumatera Utara. Acara diakhiri dengan pemberian masker kepada seluruh siswa. Berita Medan, fian

- Advertisement -

Berita Terkini