Polsek Na IX-X, Perhatian Serius untuk Memerangi Karhutla

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu Utara – Pada acara Bina Karuna Toba 2019, Selasa (24/9/2019) sekira pukul 08.30 WIB di Aula Kantor Camat Jalinsum Kelurahan Aek Kota Batu, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labura.

Kapolsek Na IX-X AKP Maralidang Harahap menjelaskan, giat ini upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labura.

AKP Maralidang Harahap menyebutkan, masalah Karhutla sudah menjadi masalah nasional, sehingga perlu ditangani secara serius dan koordinasi dengan semua instansi lintas sektoral dan elemen masyarakat.

“Karena berakibat bagi gangguan kesehatan, rusaknya lingkungan hidup dan habitat hewan-hewan yang ada,” jelasnya.

Masih pada kesempatan yang sama Kapolsek juga meminta, sosialisasi ini agar disampaikan kepada warga dalam kegiatan ibadah, instansi dan perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran terhadap kegiatan pembukaan dan pengelolaan pertanian/perkebunan.

Acara ini juga dihadiri BPBD Labuhanbatu Utara, Manager PTPN IV Berangir dan Danramil 07/AKB Kapten Inf Baktiar Siagian. Danramil meminta kepada Lurah dan para Kades untuk mengimbau masyarakat tidak membakar sampah karena itu bisa langkah kecil pencegahan untuk manfaat yang besar.

Disisi lain, Kapuskesmas Kampung Pajak Hj Lisna Febrianti mengaku, dampak kerugian Karhutla yakni gangguan kesehatan akibat asap dari kebakaran seperti pernafasan, mata, kepala, pendengaran dan dalam tingkat yang berlebihan dapat mengakibatkan kematian.

Berita Labuhanbatu Utara, Denni Pardosi

- Advertisement -

Berita Terkini