Launching Buku TGB, Menjadi Tema Dialog Nasional Para Tokoh Bangsa
Sekretaris Panitia Lounching Buku dan Dialog Nasional Dakwah Kerukunan dan Kebangsaan Muhammad Ikhyar Velayati Harahap, SH beserta Tim audensi dengan Pangdam I BB di terima oleh Kapendam BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, S. Sos, M.Si. di Makodam Jalan Gatot Subroto Medan

MUDANEWS.COM, Medan – Gerakan Da’i Kerukunan Dan Kebangsaan Indonesia (GDKK) Sumatera Utara, akan launching buku sekaligus mengadakan dialog nasional pemikiran dan metode dakwah Tuan Guru Batak, agar bisa dijadikan referensi sekaligus solusi bagi masalah kebangsaan dan kerukunan bangsa saat ini.

Peluncuran buku dan dialog nasional ini di latar belakangi oleh situasi sosial politik keagamaan yang berkembang, seringkali menimbulkan gesekan dan sensitivitas keberagaman yang berpotensi mengancam kerukunan dan keutuhan NKRI. Di tengah kondisi sosial politik dan keagamaan tersebut, Dakwah Tuan Guru Batak (TGB) As- Syekh Dr H Ahmad Sabban Al- Rahmany Rajagukguk, MA selalu hadir menyampaikan narasi-narasi menyejukkan.

“Agar pemikiran dan metode dakwah Tuan Guru Batak As- Syekh Dr H Ahmad Sabban el- Rahmany Rajagukguk, MA dalam buku berjudul “Dakwah Kerukunan Dan Kebangsaan” tersosialisasi serta menjadi referensi sekaligus solusi bagi keruwetan masalah kerukunan dan kebangsaan saat ini, maka Gerakan Da’i Kerukunan Dan Kebangsaan Indonesia (GDKK) akan mengadakan launching buku berjudul Dakwah Kerukunan Dan Kebangsaan yang dirangkai dengan Dialog Nasional dengan tema Memperkokoh Ikatan Persaudaraan Kebangsaan. Kegiatan akan berlangsung di Hotel JW Marriot Medan pada hari senin, tanggal 23 September jam 12.00 Wib hingga selesai,” ujar sekretaris panitia Muhammad Ikhyar Harahap, SH ketika audensi dengan Pangdam BB yang diwakili oleh Kapendam BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi di Makodam Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (16/09/2019).

Ikhyar menambahkan, Dialog nasional juga bertujuan menjadikan agama sebagai perekat bangsa dalam merawat kemajukan dengan cinta, seperti yang selalu digelorakan oleh TGB dalam setiap dakwahnya. Tuan Guru Batak yang merupakan seorang ulama dan tokoh sufi muda, di dalam pendekatan dakwahnya selalu mengedepankan At Tawassuth (Di tengah), At-Tawazzun (seimbang), Al-I’tidal atau tegak lurus, toleran dan menghargai ke bhinnekaan dalam bentuk ceramah oral maupun tulisan di berbagai media cetak dan online, hal ini sangat mendamaikan dan menjadi solusi bagi umat, khususnya masyarakat Sumatera Utara.

Kapendam BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi SSos MSi mengapresiasi kegiatan lounching buku dan dialog nasional.

“Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara lonching buku Tuan Guru Batak As- Syekh Dr H Ahmad Sabban el- Rahmany Rajagukguk, MA berjudul Dakwah Kerukunan Dan Kebangsaan serta dialog nasional dan akan meneruskannya ke Bapak Pangdam BB Mayjend TNI MS. Fadhilah tentang undangan untuk memberikan kata sambutan dalam acara tersebut,“ ujarnya.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Umum Gerakan Da’i Kerukunan Dan Kebangsaan Indonesia Dr Sholahuddin Harahap MA yang juga mewakili Tim penulis menambahkan, Buku ini momotret dakwah Tuan Guru Batak yang humanis, mendamaikan, dan mempersatukan dengan tetap menjujung tinggi sakralitas tauhid dan aqidah yang kuat dan lurus. Dakwah yang menghargai pluralitas dan menggelorakan kesetuaan terhadap Pancasila, UUD 45, NKRI dan ke bhinnekaan.

Sholahudin yang juga Dosen Pasca Sarjana UINSU berharap buku ini dapat berkontribusi sekaligus solusi terhadap carut marutnya penegakan kerukunan di tengah masyarakat Indonesia. “Inilah sebuah karya anak bangsa yang sangat mencintai negerinya berikut segala kekayaan dan keberagaman di atasnya,” jelasnya.

Ikhyar juga mengkonfirmasi bahwa para tokoh dan pengambil kebijakan, sudah memberikan konfirmasi kehadirannya sekaligus akan memberikan kata sambutan serta penguatan terhadap tema-tema yang akan di diskusikan. Para tokoh bangsa tersebut adalah Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Adrianto, Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara TGS Prof Dr KH Saidurrahman MAg.

Adapun Nara Sumber dalam acara dialog nasional nantinya adalah Ketua MUI Sumut Prof Dr KH Abdullah Syah MA, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung, O.F.M. Cap., Ketua Walubi Sumut dr Indra Wahidin, Ketua MATAKIN (Kong Hu Chu) Drs Rasmadi Bap, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Medan Mujianto dan Ketua FKUB Sumut Dr H Maratua Simanjuntak.

“Selain itu Dialog Nasional juga akan di hadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs H Musa Rajekshah, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM, Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin MSi, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, Bupati Labusel H Wildan Tanjung SH, Bupati Labuhan Batu Induk H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT, Ketua Dewan Pengawas BPKH Dr Yuslam Fauzi SE MBA dan Ketua Dewan Penasehat Gerakan Da’i Kerukunan Dan Kebangsaan Bobby Afif Nasution lainnya. Selain itu, peserta dialog nasional merupakan Para Ulama dan Toko Agama, Guru Besar, akademisi, intelektual baik Nasional maupun lokal,” ujar Ikhyar di akhir konferensi persnya. Berita Medan, red