Rapat Koordinasi P3MD Sumut, Evaluasi dan Susun RKTL Pembangunan Desa
Rapat Koordinasi P3MD Provinsi Sumatera Utara

MUDANEWS.COM, Medan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Utara menggelar Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) pada tanggal 16 – 19 September 2019 di Hotel Polonia Medan.

Rakor P3MD Provinsi Sumut diikuti 27 Kabupaten / Kota se Sumut, dan sebagai peserta Dinas PMD Kab/Kota, TA P3MD Kab/Kota, Perwakilan Pendamping Desa Kecamatan, Perwakilan Camat dan Perwakilan Kepala Desa. Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sumut Bapak Ir. H. Aspan Sofian, MM Senin malam pukul 21.00 Wib.

“Melalui Rakor P3MD akan dievaluasi progres pelaksanaan pembangunan desa, penyaluran Dana Desa dan progres Inovasi Desa. Kemuduan diakhir Rakor harus ada Rencana Kerja Tindak Lanjut yang akan dilaksanakan di Kab/Kota masing-masing, demikian arahan Kadis PMD Sumut.

Dalam Rakor P3MD kali ini menghadirkan narasumber dari berbagai elemen yang berhubungan dengan pembangunan desa, seperti dari Inspektorat Sumatera Utara, Pegiat Bumdes Sumatera Utara, Mercy, dan Kepala Desa yang berhasil mengembangkan BUMDES.

Dihari terakhir Rakor, Koordinator KPW 1 Sumut Afdi Marwan memimpin rapat identifikasi progres kegiatan pembangunan desa, seperti APBDes 2019 yang belum di upload ke Sipede, Dana Desa Tahap I dan Tahap II 2019 yang belum tersalur ke RKDesa, dan sama-sama merumuskan percerpatan penyelesaiannya. Rakor P3MD Provinsi Sumut akan ditutup secara resmi oleh Kadis PMD Sumut pada Rabu Malam. Melalui Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Pendamping dalam memfasilitasi kegiatan pembangunan Desa, untuk mensejahterakan masyarakat Sumatera Utara sesuai motto #MembangunDesaMenataKota. Berita Medan, Arjuna