Korban Kebakaran Pabrik Mancis, 22 Ahli Waris Terima Bansos

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Langkat, terhadap 30 korban meninggal kebakaran home industri pabrik mancis PT Kiat Unggul, yang berada di Jalan T Amir Hamzah Dusun IV Desa Sambirejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat, pada Jum’at (21/6/2019) lalu.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sekretaris Direktorat Jendral Penanganan Parkir Miskin, Nurul Farijati bersama Bupati Langkat Terbit Rencana PA, secara langsung memberikan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp525 juta, kepada 22 ahli waris, bertempat di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Selasa (23/7/2019).

Bansos RP525 juta tersebut, Rp450 juta berasal dari Kemensos dimana masing – masing dari korban mendapatkan Rp15 juta perorang, selebihnya Rp75 juta dari Pemkab Langkat dengan menerima Rp2,5 juta perorangnya.

Nurul Farijati, menyampaikan, Bansos ini merupakan bentuk dari perhatian dan tanggung jawab pemerintah pusat terhadap seluruh rakyat Indonesia yang tertimpa bencana sosial, sesuai dengan amanat Presiden RI Joko Widodo.

“Penyerahan yang diserahkan langsung ini, juga merupakan respons cepat dari Presiden,” sebutnya.

Atas terjadinya musibah ini, sambung Nurul, pihaknya secara khusus  mengucapkan turut berdukacita. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi keikhlasan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.

“Harapan kami, Bansos ini dapat meringankan beban dari keluarga korban, serta digunakan dengan sebaik-baiknya agar bisa bermanfaat sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Sosial Provsu, Razali, dikesempatan sama, menerangkan bahwa  musibah ini kehendak dari Allah SWT, untuk itu dirinya  mengajak agar masyarakat dapat bersikap bijak guna memetik hikmahnya.

Korban Kebakaran Pabrik Mancis, 22 Ahli Waris Terima Bansos
Turut hadir rombongan Kemesos RI dan Dinsos Provsu, unsur Forkopimda Langkat, Sekdakab dan para pejabat Pemkab Langkat, Kapolres Binjai, katua PA dan PN Stabat, perwakilan ketua DPRD dan Kajari Langkat, serta para hadirin lainnya.

Selain itu, pihaknya juga bersyukur bantuan dari Kementerian Sosial bagi keluarga korban sudah dapat diterima hari ini. Padahal, menurutnya, berdasarkan assessment  yang telah dikirimkan kepada Kementerian Sosial RI, bantuan ini baru bisa  disalurkan dalam proses yang memakan waktu begitu lama.

“Namun alhamdulillah nya, saat ini Bansos sudah dapat dipergunakan oleh ahli waris,” ungkapnya.

Sementara Bupati Langkat, secara pribadi menyampaikan bela sungkawa, serta mendoakan korban diterima dan ditempatkan di sisi Allah SWT. Sedangkan untuk keluarganya, diberi kekuatan dalam menghadapi musibah ini.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas dan pihak terkait yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, dengan merespon cepat saat terjadinya peristiwa itu.

“Terkhusus kepada Presiden melalui Kemensos RI, atas nama seluruh masyarakat Langkat kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulianya, terhadap keluarga korban,” sampainya.

Selanjutnya, Bupati Langkat, meminta kepada Dinas terkait serta para Camat yang ada di wilayah Langkat, guna mencegah terjadinya hal yang, untuk  melakukan tindakan kepada para pelaku usaha pabrik, yaitu melakukan pendataan terhadap seluruh kegiatan pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Langkat, jangan mudah memberikan izin sebelum memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan, serta melakukan pengawasan secara berkala sesuai tugas pokok dan fungsi kewenangan dari masing – masing Dinas. Berita Langkat, Wahyu

 

 

- Advertisement -

Berita Terkini