Harimau Tewas di Labura, Masyarakat Minta Dibuatkan Acara Adat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhan Batu Utara – Petugas BKSDA sempat kewalahan saat mengevakuasi bangkai Harimau Sumatera yang tewas ditombak warga di Dusun Indah, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Kamis (25/5/2017) pagi.

Petugas sempat berdebat dengan masyarakat yang tidak bersedia menyerahkan bangkai harimau itu. Masyarakat meminta dibuatkan acara adat.

“Masyarakat minta buat adat di sana, tapi kita tidak punya biaya untuk itu. Kita tegaskan tadi ini dilindungi undang-undang, baik mati maupun hidup,” ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran BKSDA Sumut Zainuddin, Jumat (26/5/2017).

Namun beruntung kondisi itu berhasil dimediasi Kapolsek Aek Natas dan Danramil setempat. Petugas berhasil mengevakuasi harimau yang sempat dikubur itu sekitar, Jumat (26/5/2017) dini hari.

Zainuddin juga menjelaskan kalau si belang muda itu tak pernah mengganggu manusia. Dia hanya memakan bebek dan ayam milik warga. Ada indikasi kalau sebelumnya harimau itu terkena jeratan. Sehingga kondisinya melemah dan tidak mampu bersaing dengan harimau lainnya untuk berburu. Makanya harimau malang itu masuk ke pemukiman warga.

“Jarang masuk ke kampung. Selama saya tugas di sini setahun, yang langsung begini hanya di Desa Terang Bulan. Memang kabarnya ada harimau makan kambing, tapi tidak terbukti. Ada tapak harimau, kita turun ke masyakarat,” pungkasnya. Berita Labuhan Batu, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini