Dinas Perikanan Batubara, Gelar Pelatihan Pembuatan Jaring

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Dinas Perikanan Kabupaten Batubara menggelar kegiatan pelatihan pembuatan jaring di Balai Sikaya Maritim di Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubra, Selasa (23/5/2017).

Kegiatan yang di ikuti 80 orang nelayan dan berlangsung selama dua hari ini dimulai dari tanggal 23-24 Mei 2017, peserta yang terdiri dari empat kecamatan diantaranya Kecamatan Tanjung Tiram, Talawi, Lima Puluh dan Medang Deras.

Hal ini dikatakan Kadis Perikanan Kabupaten Batubara Ir Rinaldi melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Ade Ginting didampingi Kasih Rahman Rezeki kepada Wartawan disela-sela acara.

Menurut Ade, kegiatan ini bertujuan agar nelayan tradisional yang mengikuti pelatihan ini, memiliki keterampilan dalam membuat jaring sendiri, dan mengerti jenis jaring yang baik untuk dipakai melaut.

Dan kedepan diharapkan mereka dapat terlepas dari ketergantungan terhadap para tauke dan tengkulak yang selalu mencari keuntungan tanpa memikirkan kesejahtraan nelayan, dan juga kadang sering memainkan harga jual ikan sesuka hatinya, kepada nelayan tradisional.

Adapun jenis pelatihan jaring yang dilatih kali ini, yaitu pelatihan membuat jaring ikan lidah, dimana menurut Ade, ikan lidah lebih memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, karena dipasaran ikan lidah merupakan salah satu komoditi ekspor, dan harganya relatif stabil, disamping itu jaring ikan lidah juga dapat menangkap Kepiting dan ikan lainnya,”Katanya. Berita Batubara, Erwin

- Advertisement -

Berita Terkini