Panwaslu IV Nagari Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Pemilih Pemula, OKP dan Ormas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan IV Nagari menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula, organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat di Kecamatan IV Nagari untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 pada Minggu, 14 September 2024.

Ketua Panitia Kegiatan tersebut mengatakan kegiatan dilaksanakan berdasarkan surat Ketua dan Koordinator Sekretariat Panwaslu IV Nagari tentang sosialisasi pengawasan partisipatif pemilih pemula, OKP dan Ormas di Kecamatan IV Nagari.

“Peserta kegiatan ini berjumlah 50 orang dengan pemateri Fahrur Rozi Burdha dan Rahmatsyah,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Panwaslu Kecamatan IV Nagari Koordinator Divisi HPPH, Shintia Melani Puspitasari mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman pengawasan partisipatif bagi peserta pemilu dan masyarakat dalam upaya pencegahan langsung terhadap berbagai kegiatan pilkada tahun 2024 ini

“Melalui kegiatan ini kami mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya kepada adik adik siswa sekolah yang merupakan pemilih pemula dan juga masyarakat untuk berperan aktif dalam mensukseskan pilkada tahun 2024 ini dan dapat menjadi bagian pengawasan partisipatif sesuai dengan slogan Bawaslu, bersama rakyat kita awasi pemilu, bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan pemilu,” ucapnya.

Senada, anggota Panwaslu IV Nagari Koordinator Divisi PPPS, Wilda Syukrina mengatakan Panwaslu Kecamatan IV Nagari adalah lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sijunjung 2024 di kecamatan IV Nagari.

“Kami pengawas di kecamatan dengan jumlah terbatas membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk aktif dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan karena keterlibatan masyarakat dalam proses pemilihan ini tidak hanya sekedar datang memilih dan memberikan hak suaranya, tapi juga ikut melakukan pengawasan atas potensi kecurangan yang mungkin saja terjadi,” ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya menggelar kegiatan sosialisasi tersebut sehingga bisa memberikan informasi bentuk pengawasan seperti apa saja yang dapat dilakukan bersama-sama sehingga tercipta kolaborasi antara Panwaslu sebagai lembaga pengawasan di kecamatan dan masyarakat.

Dengan adanya kolaborasi tersebut proses penyelenggaraan Pilkada dilakukan dengan jujur, adil serta sukses dapat dicapai nantinya di 27 November 2024 ketika waktu pemilihan.

“Keikutsertaan masyarakat dalam pengawasan ini secara tidak langsung menjadi wadah terutama bagi pelajar yang nantinya akan menjadi pemilih pemula dan juga bisa menjadi wadah secara tidak langsung untuk belajar seperti apa proses penyelenggaraan pemilihan di daerah kita khususnya,” jelasnya.

“Mana tahu nanti adik-adik ini ada keinginan berkecimpung di dunia politik atau di dunia penyelenggara pemilu, ini saatnya untuk belajar menggali ilmu sedalam-dalamnya untuk bekalnya nanti,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan IV Nagari, Jafrigos Endro Yutra. Sebelum membuka, ia sedikit menjelaskan tahapan-tahapan Pilkada yang telah dilakukan pengawasan oleh Bawaslu Sijunjung dan juga Panwaslu IV Nagari

Tahapan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Sijunjung sesuai dengan PKPU Nomor 10 perubahan PKPU Nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan seperti pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Sijunjung, tahapan penelitian perbaikan syarat calon, verifikasi administrasi calon. Tahapan pencalonan ini, katanya, akan dilaksanakan sampai penetapan calon pada tanggal 22 September 2024 nanti.

Pengawasan selanjutnya katanya adalah terkait penetapan DPT. DPSHP ditetapkan sebagai DPT dimana PPK IV Nagari telah menetapkan jumlah DPT sebanyak 11.411 orang yang tersebar di 24 TPS.

Terakhir, ia tidak lupa memberikan informasi terkait rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sesuai SE Bawaslu nomor 306 dimana rekrutmen calon PTPS tersebut berlangsung dari 12 s.d 28 September 2024.

“Mari bergabung bersama kami sebagai bagian dari keluarga besar Panwaslu Kecamatan IV Nagari,” tutupnya.

Diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Panwaslu Kecamatan, Forkopincam, PPK, perwakilan pemilih pemula dari sekolah menengah yang ada di IV Nagari, perwakilan OKP dan Ormas

Berita Terkini