Sisawah, Desa Wisata yang Masuk 100 Besar ADWI 2024, Surga Tersembunyi dari Kabupaten Sijunjung

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Desa Wisata Sisawah adalah salah satu dari 100 desa wisata yang masuk ke dalam 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang digelar oleh Kemenparekraf yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Sejatinya, Sisawah adalah salah satu Nagari atau Desa yang terletak di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Nagari Sisawah selama ini dikenal dengan ‘Nagari 1000 Ngalau 1000 Pesona’.

Nagari Sisawah mempunyai keindahan alam yang masih alami dan terjaga kelestariannya. Sisawah juga merupakan salah satu bagian dari Geopark Ranah Minang Silokek.

Tidak banyak yang tahu, ternyata Sisawah merupakan surga tersembunyi dari Kabupaten Sijunjung yang menyimpan banyak keindahan alam ciptaan Tuhan l. Disana juga terdapat banyak spot foto bagi pengunjungnya. Di Sisawah pengunjung juga dapat menikmati destinasi wisata alam seperti Ngalau, Fun Tubing atau dalam bahasa Minang ‘Banenen’.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati olahraga ekstrim yaitu panjat tebing dan kegiatan-kegiatan lainnya. Selain wisata alam, pengunjung juga dapat berwisata kuliner, adat dan budaya.

Keindahan Desa Wisata Sisawah

1. Banyak Ngalau

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa Ngalau. Salah satu yang bisa dinikmati adalah Ngalau Antabung. Disini pengunjung bisa masuk dan berswa foto di dalamnya.

2. Fun Tubing

Disini, pengunjung bisa menikmati Fun Tubing atau ‘Bebenen’ memacu adrenalin dengan menyusuri alirannya Sungai Batang Sumpur sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri yang disuguhkan.

3. Panjat Tebing

Selain itu, pengunjung juga bisa memacu adrenalin dengan olahraga panjat tebing.

4. Bukit Kalombai

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam nagari Sisawah melalui Bukit Kalombai yang berada di Jorong Sibolin. Disini pengunjung bisa juga berswa foto dengan latar alam nagari Sisawah.

5. Batu Oguang

Ketika berkunjung ke Sisawah. Pengunjung akan melewati tebing eksotis dengan dua jalur yang mengarah ke Nagari Sisawah. Pengunjung disini juga bisa berswa foto mengabadikan momen.

6. Air Terjun

Selain menikmati Ngalau, pengunjung juga bisa menikmati air terjun yang ada di Sisawah. Pengunjung bisa beswa foto dan juga bermain air yang mengalir dari air terjun tersebut.

7. Souvernir Batok Kelapa

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa membeli souvernir dari Nagari Sisawah yaitu Souvernir Batok Kelapa dengan harga yang terjangkau.

Itulah sedikit informasi tentang Desa Wisata Sisawah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa pantau akun Instagram pokdarwis pengelolanya di @pokdarwis.sisawah.

Berita Terkini