Rakor dan Penguatan Peran Serta Tugas dan Fungsi PPKBD dan Sub PPKBD Se-Kota Pematangsiantar, Wali Kota dr Susanti Sebut T erbaik ke-3 Pencapaian Prevalensi Stunting

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani Sp.A menghadiri Rapat Koordinasi dan Penguatan Peran Serta Tugas dan Fungsi PPKBD dan Sub PPKBD Se-Kota pematangsiantar di Ruang serbaguna.Jumat 20 September 2024.

Dalam sambutannya wali kota mengatakan petugas ppkbd dan sub ppkbd adalah kader sukarela yang berperan aktif melaksanakan dan mengelola program keluarga berencana dan percepatan penurunan stunting di tingkat kelurahan dan rt/rw. Tugasnya melaksanakan sosialisasi program kb, motivasi peserta, pelayanan kontrasepsi, pendataan, pertemuan rutin, dan kegiatan posyandu. Perannya sebagai penyuluh, penggerak, motivator, fasilitator, dan katalisator untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di kota pematangsiantar.

Melalui dukungan semua stakeholder terkait, termasuk diantaranya peran petugas ppkbd dan sub ppkbd dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kota pematangsiantar, berdasarkan survei kesehatan indonesia (ski) kementerian kesehatan republik indonesia tahun 2023, pemerintah kota pematangsiantar telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 14,3 % menjadi 7,7 %.

Atas keberhasilan tersebut, pemerintah kota pematangsiantar telah mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya apresiasi 15 (lima belas) kabupaten/kota kategori prevalensi stunting terendah tingkat nasional 2023 dari bkkbn ri.piagam penghargaan terbaik ke-3 pencapaian prevalensi stunting terendah tahun 2023 tingkat provinsi sumatera utara dari gubernur sumatera utara. Penghargaan terbaik ke-3 atas komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan audit kasus stunting tahun 2024 tingkat provinsi sumatera utara dari gubernur provinsi sumatera utara.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari pelaksanaan peran tugas dan fungsi petugas ppkbd dan sub ppkbd sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan program keluarga berencana di kota pematangsiantar.oleh karena itu, sebagai bentuk penghargaan pemerintah kota pematangsiantar kepada petugas ppkbd dan sub ppkbd yang hadir pada kesempataan yang berbahagia ini, izinkan kami atas nama pemerintah kota pematangsiantar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan.

Semoga dukungan dan kerjasama yang telah berlangsung selama ini dapat ditingkatkan dan kita lanjutkan dalam mendukung program pemerintah kota pematangsiantar, khususnya dalam pembinaan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di kota pematangsiantar. Melalui dukungan petugas ppkbd dan sub ppkbd untuk tahun 2024, kita mentargetkan akan mencapai angka prevalensi stunting sebesar 7 %.

Saya berharap seluruh petugas ppkbd dan sub ppkbd selalu kompak, menjaga hubungan baik antar sesama dan semangat bekerja keras untuk kota pematangsiantar yang kita cintai.

Sementara Laporan Kepala Dinas PP dan KB Hasudungan Hutajuluh SH menjelaskan pelaksaan Rapat Koordinasi Penguatan Peran Serta Tugas Dan Funsi PPKBD Dan Sub ppkbd se-kota pematangsiantar ini dalam rangka memaksimalkan tugas dan fungsi ppkbd dan sub ppkbd sebagai kader sukarela yang telah berperan aktif melaksanakan dan mengelola program keluarga berencana di Tingkat kelurahan dan RT\RW meliputi sosialisasai program kb,motivasi peserta, pelayanan kontrasepsi ,pendataan, pertemuan rutin, dan kegiatan posyandu.

melalui pelaksaan rapat koordinasi penguatan tugas dan fungsi ppkbd dan sub ppkbd ini, kerja keras dan sikap kepedulian petugas yang tanpa pamrih telah membantu pemerintah kota pematangsiantar dalam pembinaan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting dikota pematangsiantar.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatnya silaturahmi dan koordinasi yang semakin baik antar sesama petugas ppkbd dan sub ppkbd dengan pemerintah kota pematangsiantar. Meningkatnya pemahaman akan tugas dan fungsi petugas ppkbd dan sub ppkbd se-kota pematangsiantar .mendapatkan masukan dari petugas ppkbd dan sub ppkbd se-kota pematangsiantar dalam peningkatan pelaksaan tugas dan fungsinya.

Berita Terkini