Perdana Digelar Festival Kue Bulan di Pematangsiantar, Wali Kota dr Susanti dan Ronald: Tahun Depan Lebih Meriah dan Spektakuler

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A didampingi Ketua Dekranasda H.K Erizal Ginting, SH dan Ronald Darwin Tampubolon, SH beserta Istri menghadiri Festival Kue Bulan (Mooncake) atau Mid Autumn Festival (Festival Pertengahan Musim Gugur) bersama Walubi Pematangsiantar – Simalungun, di Blue Diamond Cafe Patisserie and Gelato Bar, Jalan Gereja, Kecamatan Siantar Selatan. Minggu (16/09/2024).

Wali Kota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A didampingi Ketua Dekranasda H.K Erizal Ginting, SH dan Ronald Darwin Tampubolon, SH beserta Istri disambut dengan meriah saat tiba dilokasi dengan penampilan Tim Barongsai Vihara Avalokitesvara.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota dr Susanti didampingi Ronald mengatakan bahwa selaku Wali Kota dan atas nama Pemko Pematangsianatar sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan Walubi Pematangsiantar – Simalungun.

“Kita lihat hasilnya luar biasa, saya sangat mengucapkan terima kasih, karna hadir semua para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda disini. Dan tentunya kegiatan ini pertama kali digelar, kami sangat bahagia kami bisa membersamai,” sebut dr Susanti.

Tentunya pertemuan ini, kata dr Susanti, untuk mempererat persaudaraan dan memperkuat silaturahmi serta persatuan kekeluargaan terkhusus masyarakat Tionghoa dengan Pemerintah Kota.

“Perayaan Kue Bulan ini tentunya memiliki makna yang mendalam, selain warisan turun temurun, kegiatan ini dimaknai suatu simbol kebersamaan, keharmonisan, ini juga tentunya bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya.

Wali Kota dr Susanti juga menyebut bahwa kegiatan Festival Kue Bulan dapat dilaksanakan di tahun depan lebih meriah dan spektakuler.

Pada kesempatan tersebut, Ronald Darwin Tampubolon SH juga mengucapkan sangat syukur atas diundangnya dan merasa bangga dapat hadir ditengah-tengah agenda Festival Kue Bulan.

“Kita ketahui, bahwa ibu Wali Kota dr Susanti telah menjalani kurang dari tiga tahun sudah banyak memberikan dan memaparkan pembangunan untuk Kota Pematangsiantar,” kata Ronald.

Ronald Tampubolon juga mengatakan bahwa kehadirannya juga untuk memohon doa dan restu bapak-ibu agar dapat diberikan amanah nantinya dalam menjalankan tugas membangun Kota Pematangsiantar yang berkelanjutan.

Sebelumnya, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dan Ronald Darwin Tampubolon mendatangi satu persatu meja dan menyapa dengan akrab para tokoh dan masyarakat etnis tionghoa.

Ketua Panitia Festival Kue Bulan Chandra SE, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perayaan terbesar kedua umat Tionghoa di Dunia dan peringatan yang sangat penting bagi Umat Tionghoa di seluruh Dunia.

“Festival Pertengahan Musim Gugur , juga dikenal sebagai Festival Bulan atau Festival Kue Bulan , adalah festival panen yang dirayakan dalam budaya Tiongkok . Festival ini diadakan pada hari ke-15 bulan ke-8 kalender lunisolar Tiongkok dengan bulan purnama di malam hari, yang bertepatan dengan pertengahan September,” katanya.

Ketua Panitia Chandra SE juga menjelaskan bahwa Perayaan ini juga dalam rangka menjalin silaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan dan kekeluargaan DPD Walubi Pematangsiantar – Simalungun dengan seluruh hadirin Tokoh yang hadir serta dengan Pemko Pematangsiantar.

Ia juga menjelaskan bahwa Festival Kue Bulan ini belum pernah dirayakan secara terbuka dan bersama-sama.

Berita Terkini